Advertorial

Sistem ERP Tidak Hanya Cocok untuk Perusahaan Besar

Kompas.com - 25/10/2016, 08:00 WIB

Mengembangkan bisnis ke skala yang lebih besar merupakan impian setiap pelaku usaha. Siapa yang tidak ingin bisnis yang dirintis dari modal pas-pasan, sistem yang sederhana, melaju menjadi bisnis berskala besar dengan profit yang juga lebih kencang?

Namun di saat melebarkan sayap usaha ada satu hal yang seringkali dilupakan oleh para pelaku usaha yaitu menerapkan sistem yang baik untuk mengelola, mengontrol, dan memastikan operasional bisnis lancar. Tidak heran jika ada pelaku usaha yang malah meredup bisnisnya ketika ia sudah berekspansi ke skala yang lebih besar.

Pentingnya sistem ERP (Enterprise resource planning)sebagai kunci kesuksesan sudah disadari oleh banyak pelaku usaha di Indonesia. Misalnya seperti Asia Plastik, perusahaan manufaktur plastik kemasan yang berbasis di Surabaya.

Asia Plastik dirintis pada tahun 1985 sebagai perusahaan yang berfokus memproduksi plastic injection dan blow molding. Seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan ini berkembang menjadi pengekspor botol plastik, bijih plastik, dan banyak lagi produk plastik ke berbagai belahan dunia. Asia Plastik kini berhasil mencatatkan pendapatan Rp300 miliar setiap tahunnya dan sudah dianugerahi ISO 9001:2008.

Namun ketika berkembang menjadi lebih besar perusahaan sempat mengalami kendala. Volume produksi lebih besar, perputaran omset lebih besar, jumlah karyawan pun bertambah banyak. Tanpa sistem informasi ERP yang baik Asia Plastik mengalami kendala dalam perencanaan, kontrol finansial, stok, dan inventaris, serta menyediakan laporan yang akurat dalam waktu cepat untuk tim manajemen.

“Akhirnya kami mengenal SAP Business One yang membantu sistem perencanaan, kontrol, dan pelaporan lebih akurat dan cepat. Sistem ini membantu tim kami untuk cepat menentukan arah usaha. Lebih penting lagi menyediakan layanan terbaik untuk pelanggan kami,” ujar Christin Wulandari, Kepala Divisi Accounting Asia Plastik.

Dalam waktu dekat Asia Plastik juga akan memanfaatkan sistem ERP dari SAP di dalam proses produksi, hingga pengelolaan data sumber daya manusia.

Efektivitas dan efisensi pengelolaan usaha berkat sistem ERP dari SAP Business One ternyata juga dirasakan oleh Tokopedia, salah satu perusahaan e-commerce penyedia platform marketplace terbesar di Indonesia. Benefit yang dirasakan oleh Tokopedia adalah di segi pengelolaan data finansial.

Tokopedia menangani jutaan transaksi setiap tahun, dengan berbagai pilihan sistem pembayaran dan skema pembayaran dengan sistem Escrow, baik melalui situs online-nya ataupun aplikasi.

SAP Business One membantu Tokopedia untuk proses pembukuan agar seimbang dengan volume transaksi yang terus bertambah. Menariknya SAP Business One dapat disesuaikan dengan kebutuhan usaha dan jenis usaha. SAP Business One juga membantu Tokopedia dalam memaksimalkan kontrol pengeluaran, distribusi, pesanan dan pembelian pelanggan sehingga relasi dengan pelanggan lebih baik. Tokopedia berhasil meningkatkan 20 persen tingkat kepuasan pelanggan.

Sebelum mengembangkan usaha ada baiknya Anda coba menerapkan solusi sistem informasi ERP dalam operasional usaha Anda. Sehingga ketika sudah siap untuk berekspansi sistem yang Anda punya juga sudah memadai.

Solusi ERP seperti SAP Business One adalah investasi, namun bukanlah investasi yang mahal sehingga tidak hanya sesuai bagi perusahaan besar tapi juga usaha kecil menengah (UKM). SAP Business One dirancang dengan fungsi waktu dan pengurangan biaya agar return of investment (ROI) dapat cepat diperoleh.

Penerapan sistem ERP SAP Business One dapat dimulai dari skala kecil menengah sebagai dasar pertumbuhan usaha. SAP Business One akan menjadi solusi terjangkau untuk operasional usaha Anda. Mudah dipahami dan untuk proses pembelajaran hanya perlu dua sampai empat minggu.

Untuk informasi lebih lanjut tentang SAP Business One klik di sini. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com