Advertorial

Jawa Barat Sukses Gelar Peparnas XV yang Setara dengan ASEAN Para Games

Kompas.com - 02/11/2016, 14:01 WIB

Perhelatan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XV 2016 yang digelar di Jawa Barat pada tahun ini sungguh membanggakan Indonesia. Hal tersebut lantaran kelengkapan layanan dan fasilitas yang ada sudah hampir memenuhi standar internasional.

Diakui oleh atlet paralimpian sekaligus Ketua Palalympic Commitee of Indonesia (NPCI) Jawa barat ukun Rukendi yang mengatakan bahwa Peparnas XV 2016 ini setara dengan ASEAN Para Games 2015 di Singapura dan ASEAN Para Games 2014 di Korea Selatan.

“Saya sudah mengalami di Singapura dan Korea juga. Singapura dapat dikatakan negara maju dengan segala kelengkapan layanan dan fasilitasnya, Korsel juga maju. Ternyata kita juga mampu selevel dengan dua negara itu," ungkap Ukun, seusai upacara Penutupan Peparnas XV 2016, di Stadion Siliwangi Bandung, Senin (24/10/2016) .

Para atlet serta ofisial dari 33 provinsi peserta pun merasa puas dari sisi perencanaan yang matang hingga pelaksanaan. Dengan demikian, wajar jika NPCI pusat mendorong agar penyelengaraan ASEAN Para Games 2018 digelar di Jawa Barat.

"Adapun NPCI pusat ada keinginan Asian Paragame 2018 digelar di Jabar, itu karena Peparnas di Jabar sudah level internasional. Kurang-kurang dikit wajar lah," kata Ukun lagi.

Ukun yang merupakan atlet bulu tangkis ini juga menilai penyelenggaraan Peparnas XV di Jabar ini sukses. Selain itu, Peparnas ini telah melahirkan banyak rekor baru.

Menurutnya, di sinilah pertama kalinya ada kesetaraan dari sisi penyelenggaraan antara PON dan Peparnas. Dibandingkan dengan Peparnas-peparnas sebelumnya, ini merupakan penyelenggaraan terbaik. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com