Advertorial

Raih Prestasi, Atlet Terbaik Peparnas XV akan Berlaga di ASEAN Paragames 2017

Kompas.com - 07/11/2016, 11:59 WIB

Para atlet difabel yang berlaga di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jawa Barat patut berbangga hati. Hal ini lantaran prestasi mereka yang luar biasa selama sembilan hari penyelenggaraan, 15-24 Oktober 2016.

Sebanyak 104 rekor baru telah dipecahkan oleh para atlet ini, bahkan 27 rekor di antaranya melampaui rekor level multievent yang lebih tinggi, yakni ASEAN Paragames. Dengan prestasi yang diukir tersebut, atlet terbaik Peparnas akan diproyeksikan mengikuti ajang ASEAN Paragames 2017 di Malaysia mendatang.

”Dari sisi prestasi luar biasa, ada ratusan pecah rekor Peparnas. Kalau limitnya masuk, atlet terbaik Peparnas XV akan diproyeksikan untuk ASEAN Paragames 2017 di Malaysia dan training center di Solo,” ujar Ketua umum National Paralympic Comitte (NPC) Indonesia Senny Marbun.

Melihat prestasi para atlet paralimpik yang berlaga di Peparnas Jawa Barat, Senny optimis akan mencapai target juara umum. Dengan kuota sebanyak 200 atlet, kemungkinan besar Indonesia akan berpartisipasi pada 13 cabang olahraga.

Hal tersebut diungkapkan Senny sesaat setelah perhelatan akbar Peparnas XV 2016 Jawa Barat yang ditutup oleh Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, Senin (24/10/2016) petang. 

Selanjutnya di pertandingan  ASEAN Paragames 2018, Indonesia akan mengikuti 15 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Sementara itu, Ketua NPCI Jawa Barat Ukun berharap, dari kuota atlet yang diproyeksikan untuk ASEAN Paragames separuhnya diisi oleh atlet Jawa Barat.

”Kalau melihat perolehan medali Peparnas XV, 50 persennya minimal dari Jawa Barat. Untuk tuan rumah Asian Paragames 2018, jika Jawa Barat ditunjuk menjadi tuan rumah, kami siap,” ujarnya. 

Kesuksesan penyelenggaraan Peparnas XV ini dinilai sebagai tolok ukur kebangkitan olahraga paralimpik di tanah air. Senny pun menaruh harap Jawa Barat dapat menjadi tuan rumah Asian Paragames 2018.

Untuk Peparnas XVI/2020 yang akan diadakan di Papua, Senny berharap akan berjalan lebih baik. ”Cabang olahraga mungkin bertambah. Tapi lihat nanti kesiapannya, kami dari NPC Indonesia terus berusaha melangkah untuk maju,” ujarnya. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com