Advertorial

Hidrasi Tepat , Cepat Pulihkan Flu

Kompas.com - 10/11/2016, 13:46 WIB

Curah hujan yang semakin tinggi dan konstan menandakan bahwa musim hujan sudah tiba. Musim ini memang membawa berkah, mulai dari suburnya tanaman, hingga udara yang lebih sejuk dan nyaman. Namun, musim ini juga identik dengan banyaknya penyakit bermunculan.

Salah satu penyakit yang paling umum menyerang di musim hujan adalah flu. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan menular cukup cepat. Berdasarkan jurnal kesehatan Influenza Surveillance: 1999-2003 dan Effects of Climate Change on the Distribution of Influenza Virus in Indonesia, tahun 2012-2013, penyebaran penyakit ini terjadi sepanjang tahun. Namun, biasanya meningkat saat musim hujan tiba dan puncak penyebaran terjadi di bulan Desember-Januari.

Penyakit ini ditandai dengan gejala seperti batuk, bersin, sakit pada tenggorokan, pusing, nyeri badan, hingga demam. Bahkan dapat juga disertai dengan mual, muntah, dan diare. Gejala-gejala tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan berakibat pada kurang produktifnya penderita flu.

Penyakit flu termasuk ke dalam self limiting disease, artinya penyakit flu dapat sembuh dengan sendirinya  oleh daya tahan tubuh.  Memang penyembuhannya cukup lama, sekitar 2-7 hari, bergantung pada daya tahan tubuh seseorang. Obat-obatan yang umum kita konsumsi selama flu seperti penghilang demam, obat batuk atau pilek berfungsi untuk mengobati gejala, dan bukan penyebab dari penyakit flu itu sendiri.

Berbicara tentang pemulihan flu, ternyata dehidrasi adalah salah satu musuh dalam pemulihan penyakit flu. Ketika sedang flu, tubuh rentan mengalami dehidrasi yang disebabkan oleh keluarnya cairan tubuh yaitu air dan ION melalui demam, keringat atau ingus. Dehidrasi harus dicegah selama sakit flu karena dapat memperlambat proses menyembuhan.

Saat dehidrasi, tubuh memproduksi zat bernama histamin yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sebenarnya, histamin ini berperan juga dalam menjaga kekebalan tubuh. Namun karena tubuh mengalami dehidrasi, histamin “lebih sibuk” mengatur kadar cairan tubuh, daripada menjaga kekebalan tubuh sehingga daya tahan tubuh tidak bekerja secara optimal.

Bagi Anda yang menderita flu atau baru saja mengalami gejala flu sebaiknya mengkonsumsi kebutuhan cairan harian Anda yang tidak hanya mengandung air tetapi juga ION dan komposisinya mirip cairan tubuh seperti Pocari Sweat. ION juga membuat cairan dapat bertahan lebih lama di dalam tubuh sehingga rehidrasi lebih optimal. Jadi pastikan hidrasi yang tepat untuk membantu pulihkan  flu lebih cepat. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com