Advertorial

Belitung Siap Jalankan Program Three Ends

Kompas.com - 10/11/2016, 16:11 WIB

Program Jelajah Three Ends garapan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) kini siap dilaksanakan di Kabupaten Belitung. Panitia pelaksana di kabupaten tersebut tampak mulai sibuk mempersiapkan acara ini.

“Setelah mendapatkan surat dari KPPPA, kami langsung melakukan persiapan," ujar Ketua Pelaksana Three Ends Kabupaten Belitung, Nurman Sunanda, di Belitung, Kamis (10/11/2016).

Panitia pelaksana telah melakukan beragam bentuk sosialisasi mengenai program ini kepada seluruh masyarakat Belitung. Dikutip dari Tribunnews.com, Nurman menyatakan bahwa pihaknya telah mensosialisasikan program ini melalui radio swasta lokal.

"Kami juga bersama EO telah melakukan peninjauan lokasi kegiatan dan kesiapan masyarakat untuk mengikuti rangkaian kegiatan Jelajah Three Ends, di antaranya seminar dan dialog dengan Menteri PP dan PA," kata Nurman.

Selain itu, panitia pelaksana Three Ends mengajak masyarakat mengikuti lomba desain poster. Lomba desain bertema Three Ends itu diikuti oleh perempuan dan anak-anak agar pesan dari program ini dapat diterima dengan baik.

Pada program yang dilaksanakan pada peringatan Hari Pahlawan ini, tim pelaksana KPPPA mengunjungi masyarakat ke sekolah-sekolah di seluruh Belitung. Kunjungan tersebut dilakukan di 15 sekolah setingkat SMA/SMK, SMP, dan SD.

Setiap sekolah rata-rata berisi 500 siswa, artinya program penjangkauan 3 Ends ini telah sampai ke 7.500 siswa. Pada kunjungan tersebut, KPPPA berupaya meningkatkan pemahaman penghentian kekerasan terhadap anak dan siswa-siswi di Belitung.

SMK 3 Manggar menjadi salah satu sekolah yang dikunjungi. Siswa-siswi tampak mengikuti program ini dengan ceria.

Program Three Ends di SMK 3 Manggar diisi dengan berbagai permainan yang menyenangkan. Para siswa pun berikrar untuk menjadi pahlawan anti kekerasan.

Selain menjangkau pelajar, panitia pelaksana juga ajan mengadakan seminar yang mengundang beberapa pembicara inspiratif, seperti Kepala Sekolah SMA 3 Jakarta, Ketua P2TP2A, dan LPKA Kelas 1 Palembang. Acara ini akan digelar pada hari pertama yakni Jumat, (11/11/2016).

Acara juga dilanjutkan dengan dialog antara Menteri Yohana Yembise dengan masyarakat di tiga desa, yakni Air Saga, Air Merbau, dan Lesung Batang.

Pada hari kedua, Jelajah Three Ends kedua akan melibatkan banyak figur publik dengan konten acara yang ramah perempuan dan anak.

Acara ini akan di hadiri oleh para mantan artis cilik yang tergabung dalam gerakan #SaveLaguAnak, Group Band Simponi dengan dialog musikalnya, dan pelukis pasir, Abe Rubio. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com