Advertorial

Ini Strategi Planet Surf dalam Mengelola 57 Toko di 31 Kota

Kompas.com - 22/11/2016, 08:15 WIB

Siapa yang tidak tahu dengan PT Planet Selancar Mandiri, atau yang lebih dikenal dengan merek dagangnya Planet Surf? Ya, ini adalah jaringan toko ritel yang menjajakan berbagai merek pakaian surf, skate, dan street wear terkenal seperti Spyderbilt, Insight, Juice Ematic, Ripcurl, Volcom, Oakley, Rayban, dan banyak lagi.

Saat ini, toko yang menjajakan produk-produk dari Amerika Serikat dan Australia ini telah memiliki 57 toko yang tersebar di 31 kota di seluruh Indonesia. Karyawannya pun sudah mencapai 500-an. Planet Surf juga telah berekspansi secara digital dengan situs e-commerce yang memberikan berbagai pilihan pembayaran. Mulai dari transfer bank, internet banking, sampai kartu kredit. Layanan bantuan pelanggannya juga dilakukan dengan berbagai channel, termasuk SMS dan Whatsapp.

Melihat besarnya Planet Surf sekarang, tidak banyak yang tahu kalau usaha ini ternyata bermula dari sebuah toko di pusat perbelanjaan Galeria di Yogyakarta pada tahun 1997 lalu. Selama hampir dua dekade ini, Planet Surf terus berkembang dengan pesat untuk memenuhi kebutuhan busana pelanggan.

Sudah rahasia umum dalam dunia ritel yang sudah memiliki banyak channel, mengelola dan mengintegrasikan berbagai channel pada sistem pusat, serta mengelola inventory system yang kompleks adalah tantangannya. Lantas bagaimana cara Planet Surf mengelola channel sebanyak itu?

Diakui oleh Brand Manager PT Selancar Mandiri Erwin Nurwijayanti, PT Selancar Mandiri memperbaharui sistem mereka agar semua operasinya dapat terintegrasi dengan lancar dan menghilangkan berbagai kesalahan yang sering terjadi. Seperti duplikasi data dan juga kesalahan dalam perhitungan.

“Planet Surf menerapkan solusi SAP Business One, dengan tujuan untuk memanfaatkan teknologi guna mendorong pertumbuhan bisnis dan memungkinkan perluasan secara global,” aku Erwin.

Dalam penerapannya, Planet Surf bekerja sama dengan PT Sterling Tulus Cemerlang yang sudah berpengalaman dalam usaha ritel sebagai mitra implementasi solusi tersebut.

“Planet Surf memilih SAP Business One untuk membantu menghilangkan entri data ganda, dan penghitungan manual untuk pesanan penjualan,” lanjut Erwin.

Manfaat yang didapatkan dari sistem tersebut menurut Erwin adalah, yang pertama terciptanya sistem terpadu antara toko dan kantor pusat. kedua, tidak ada masukan ganda yang dijumpai pada sistem. Ketiga, pembaruan laporan penjualan dan persediaan secara harian dan aktual. Dan terakhir, laporan tambahan ini mempermudah pengguna untuk memberikan akses yang lebih mudah.

Erwin mengaku sangat puas dengan layanan PT Sterling Tulus Cemerlang selaku partner SAP Business One yang telah mendukung Planet Surf dengan sistem live-nya. Sejak saat itu, Planet Surf telah berkembang dengan pesat sampai saat ini.

“PT Planet Selancar Abadi menjadi terdepan dengan SAP Business One,” tutup Erwin.

Tentang SAP Business One

SAP Business One adalah sistem yang dirancang khusus untuk perusahaan guna menyederhanakan manajemen bisnis. penyederhanaan tersebut dimulai dari proses produksi, penjualan, pengiriman produk, pengelolaan inventaris dan pembelian, laporan keuangan, sampai analisa profit and loss. Dan yang menariknya lagi, sistem ini dapat dikontrol secara terintegrasi dan juga real-time

SAP Business One juga cukup fleksibel karena dapat memberikan solusi-solusi tambahan (add-ons) sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai SAP Business One, klik di sini. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com