Advertorial

Atur Pencahayaan agar Betah di Rumah

Kompas.com - 23/11/2016, 10:01 WIB

Memiliki rumah yang nyaman adalah hak siapa saja. Tak harus punya rumah yang besar atau lega, sebab kunci kenyamanan rumah justru bisa datang dari pencahayaan.

Tahukah Anda, cahaya mampu mempengaruhi suasana hati. Oleh sebab itu, setiap penghuni bisa mengatur cahaya lampu sebaik mungkin untuk menciptakan suasana atau mood  yang ingin dibangun.

Rumah sebagai tempat yang menyenangkan

Misalnya saja, bila penghuni rumah ingin menciptakan suasana hati yang cerah, penghuni dapat mengatur cahaya yang memancarkan warna-warna terang, contohnya putih. Cahaya yang terang dapat meningkatkan hormon serotonin yang berfungsi meningkatkan suasana hati.

Sebaliknya, cahaya rumah yang redup boleh jadi memperburuk suasana hati. Penghuni bisa-bisa merasa depresi karena pencahayaan yang kurang memadai.

Rumah sebagai tempat belajar dan bekerja

Rumah seringkali tak hanya menjadi tempat beristirahat dan berkumpul keluarga, tetapi juga tempat belajar atau bekerja. Di ruang belajar atau bekerja, penghuni bisa mengatur pencahayaan yang terang tetapi tetap hangat. Cahaya lampu dengan warna putih kekuningan nampaknya pas untuk ruang tersebut.

Warna cahaya itu mampu menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar dan bekerja. Sebab, dengan warna itu, konsentrasi dan produktivitas bakal meningkat.

Rumah sebagai tempat relaksasi

Penghuni bisa menciptakan suasana hangat dan menenangkan di kamar tidur, ruang keluarga, atau ruang makan. Ketiga ruang ini pas dijadikan tempat untuk santai bersama keluarga setelah lelah beraktivitas. Maka, atur cahaya lampu dengan warna kekuningan atau mungkin kebiruan di ruang-ruang tempat relaksasi.

Rumah sebagai tempat menghibur diri

Tinggalkan semua kepenatan atau rasa lelah di tempat bekerja atau beraktivitas. Di rumah, penghuni tinggal menikmati hari dan menghibur diri dengan melakukan hobinya, seperti menonton film, main game, atau karaoke.

Tak ada salahnya memaksimalkan suasana hiburan di rumah dengan mengatur pencahayaan. Sesuaikan cahaya rumah dengan suasana film, musik, atau game. Dijamin, sesi hiburan di rumah akan jadi lebih semarak.

Cara mengatur pencahayaan masa kini

Kecanggihan teknologi masa kini dapat dengan mudah menciptakan semua suasana yang ingin penghuni dapatkan. Kini, pencahayaan di rumah dapat diatur dengan mudah melalui gawai alias gadget. Kecanggihan ini datang dari Philips Lighting dengan produk Philips HUE, lampu yang terkoneksi dengan internet.

Aplikasi Philips HUE dapat mengatur tingkat dan warna cahaya untuk ruang di rumah.

Philips HUE lebih spesial dari lampu biasa. Sebab, dengan lampu pintar ini penghuni bisa menyesuaikan tingkat dan warna cahaya sesuai keinginan melalui aplikasi di gawainya.

Philips HUE punya tiga jenis warna, yakni White, White Ambience, dan Color Ambience. Ketiganya bisa diatur dan diubah sesuai dengan suasana yang diinginkan. Ada pilihan 16 juta warna untuk suasana rumah.

Untuk pre – order lampu Philips Hue ini akan dimulai dari tanggal 12-19 Desember 2016 di www.lazada.co.id/philips-lighting.

Penasaran seperti apa kecanggihan Philips HUE? Kunjungi akun Facebook  Philips Berbagi Terang dan Twitter @philipslampu_ID. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com