Advertorial

Dari Video, Dua Siswi SMAN 5 Surabaya Menginspirasi untuk Jaga Lingkungan Hidup

Kompas.com - 24/11/2016, 08:15 WIB

Pola hidup seseorang dapat berubah dengan semakin buruknya kondisi lingkungan. Kondisi yang buruk itu sebenarnya juga disebabkan ulah manusia sendiri.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ketidakpuasan manusia dapat menjadi bumerang. Contoh kecilnya adalah bencana banjir yang melanda kota-kota besar di Indonesia.

Sampah yang dibuang ke aliran sungai dan pembangunan gedung tanpa menghiraukan kawasan hijau oleh manusia menjadi penyebab banjir datang ketika hujan deras melanda.  Selain itu, juga masih ada permasalahan lingkungan lain yang bisa membayakan kehidupan manusia di masa mendatang.

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang kita memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga lingkungan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Salsabila Nadhifa dan Alya Thallafadhila dari SMAN 5 Surabaya mengembangkan Cyber Nature Network.

Ide awalnya sederhana, mereka ingin membuat anak muda lebih peduli dengan lingkungan melalui tontonan video yang mengedukasi. Terinspirasi  dari hobi Salsa yang gemar menonton kanal TED Talks Education di YouTube, ia pun membuat kanal serupa yang menyajikan informasi tentang pengetahuan secara menyenangkan. Cyber Nature sengaja dibuat dengan gaya anak muda supaya bisa menyentuh teman-temannya yang skeptis terhadap masalah lingkungan.

Usaha Salsa dan Alya pun tersambut dengan adanya Toyota Eco Youth (TEY) dari Toyota Indonesia. TEY merupakan salah satu pilar kegiatan CSR dari Toyota Indonesia memiliki konsep untuk terus berkontribusi mencetak generasi-generasi muda yang pintar, cakap, dan bertanggung jawab, baik terhadap diri sendiri maupun masyarakat serta lingkungan.

Setelah mendengar mengenai TEY, mereka pun mengirimkan proposal ide tersebut kepada tim TEY. Setelah berhasil masuk pendaftaran, Salsa dan Alya pun mendapatkan bantuan berupa konsultasi, dana, dan eksposur yang cukup supaya idenya berkembang.

Jika awalnya Salsa dan Alya menggunakan nama Cyber Nature Education, setelah melalui berbagai konsultasi dan percobaan, kini Cyber nature telah menggurita dalam empat pilar yang mencakup kegiatan di dunia maya dan dunia nyata. Mereka pun mengganti nama menjadi Cyber Nature Network.

Selain mensosialisasikan ide dengan video animasi mengenai lingkungan hidup karya mereka melalui kanal YouTube “Cyber Nature 15”, Salsa dan Alya mulai mengembangkan ke dalam bentuk empat kegiatan lain.

Pertama adalah Cyber Nature Action yang terfokus untuk membenahi hal-hal kecil di SMAN 5 Surabaya, meliputi isu air, listrik, dan kompos. Kedua adalah Cyber Nature Project yang berupa pembuatan video.

Berikutnya adalah Cyber Nature Live berupa penyelenggaraan kegiatan di hari-hari besar. Terakhir adalah Cyber Nature TEP (Techno-EcoPreneur) yang idenya muncul dari sampah-sampah yang dikumpulkan saat kegiatan.

Kerja keras dan usaha mengedukasi masyarakat dengan video dan kegiatan oleh Cyber Nature Network berhasil membawanya menjadi Juara Kedua dalam Toyota Eco Youth (TEY) ke-9  pada tahun 2015.

Melihat permasalah lingkungan hidup baik di sekolah atau pun di masyarakat, Toyota sebagai merek otomotif turut ambil bagian melalui program Toyota Eco Youth yang diselenggarakan tiap tahun. Program berkelanjutan ini diharapkan mampu menciptakan pola berpikir dan menanamkan gaya hidup ramah lingkungan kepada pelajar dan generasi muda.

-

Menyasar generasi muda, TEY pun mensosialisasikan program ini ke sekolah-sekolah di kota-kota Indonesia. Dengan mengunjungi sekolah, target TEY adalah supaya para siswa-siswi tersebut dapat memengaruhi teman-temannya untuk dapat semakin peduli dengan lingkungan.

Sosialisasi tersebut tidak sia-sia, terbukti dengan jumlah yang mengirimkan proposal mengenai proyek menjaga lingkungan hidup yang mencapai lebih dari 500 sekolah dari TEY pertama hingga sekarang.

Harapan lain dengan adanya TEY adalah akan terciptanya komunitas-komunitas Eco Youth yang independen sebagai insiator dalam kontribusi terhadap lingkungan di masyarakat. Generasi muda pun diharapkan akan terus berperan aktif dalam penjagaan lingkungan sekarang dan nanti. (Adv) 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com