Advertorial

Berbagai Cara untuk Tingkatkan Semangat Berolah Raga

Kompas.com - 30/11/2016, 10:55 WIB

Aktivitas fisik dalam bentuk olah raga rutin memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Olah raga rutin dapat membantu meningkatkan stamina dan melatih otot-otot tubuh sehingga tubuh prima untuk menjalani aktivitas harian.

Olah raga juga dapat menghindarkan tubuh dari penyakit. Baik penyakit menular maupun penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Misalnya saja seperti diabetes, hipertensi, sakit jantung, kadar kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi. Ini karena olah raga dapat menjaga daya tahan tubuh dan sekaligus menjaga berat badan ideal. Olah raga juga dapat membantu mengelola stres sehingga kualitas hidup lebih baik.

Fakta tersebut tentunya sudah Anda ketahui tetapi seringkali rasa malas menghalangi Anda untuk berolah raga secara rutin. Jika ingin mendorong diri agar tetap semangat berolah raga, ikuti beberapa cara berikut.  

1. Pilih olah raga yang menghibur

Jika bersepeda statis atau treadmill di rumah terasa membosankan, coba cari bentuk olah raga lain yang lebih banyak “hiburan”-nya. Misalnya saja seperti jogging di luar rumah, berenang, ikut kelas seperti body combat, zumba, dansa, atau spinning class di pusat kebugaran. Anda juga dapat mencoba olah raga permainan seperti bulu tangkis, futsal, atau sepak bola bersama teman-teman kantor.

2. Sambil mendengarkan musik

Musik berirama up-beat dapat membantu menstimulasi otak untuk mengalirkan sinyal-sinyal pada tubuh agar lebih bersemangat. Berolah raga sambil mendengarkan lagu-lagu kesukaan juga tidak akan terasa berat karena musik dapat mengurangi kesensitifan otot terhadap rasa nyeri akibat latihan fisik. Selain itu membuat Anda lupa waktu.

3. Punya target dan catat progres

Agar olah raga lebih semangat pasang target yang jelas dan realistis. Misal, ingin menurunkan berat badan 2 kilogram per bulan, atau ingin mencapai bentuk tubuh ideal. Kemudian catat apa yang aktivitas-aktivitas fisik yang sudah Anda lakukan dan berapa persen progres pencapaian target Anda.

4. Cari teman

Disiplin melakukan olah raga, menjaga asupan makanan, dan melatih otot-otot tubuh pastinya akan sangat membosankan jika dilakukan sendirian. Oleh karena itu mencari teman dengan ketertarikan dan komitmen yang sama untuk berolah raga sangat dianjurkan. Sesi olah raga akan lebih seru, Anda dan teman dapat berbagi tips mengolah tubuh yang baik, serta dapat saling menyemangati. Tidak hanya itu bersosialisasi sambil olah raga ternyata membantu melepas hormon edorfin yang dapat mengurangi rasa nyeri pada otot akibat latihan fisik.

Saat ini Anda juga dapat memanfaatkan wearable device seperti smartwatch sebagai teman penambah motivasi olah raga Anda. Beberapa smartwatch dilengkapi dengan fitur kesehatan yang dapat mendukung aktivitas olah raga penggunanya.

-

Misalnya saja seperti smartwatch HOLUX Impulse 8200 karya produsen Taiwan Excellence.  HOLUX Impulse 8200 memiliki fitur pengelola gaya hidup dan kesehatan terkini yang dapat membantu mencatat jumlah langkah dalam sehari, berbagai aktivitas olah raga yang dilakukan, kalori yang diterima dan dibakar tubuh, hingga tingkat kelelahan.

Selain membantu mencatat aktivitas fisik, HOLUX Impulse 8200 juga dilengkapi dengan fitur penganalisa pola tidur. Smartwatch ini juga dilengkapi dengan sensor built-in pengukur detak jantung.

HOLUX Impulse 8200 dapat terkoneksi dengan smartphone bersistem operasi Android dan iOS. Cukup hubungkan menggunakan fitur Bluetooth Smart Connection. Di samping fungsinya untuk memastikan gaya hidup yang baik dan kesehatan penggunanya, smartwatch ini juga dapat berfungsi layaknya smartwatch pada umumnya. Bagi yang suka berpetualang, smartwatch ini memiliki fitur e-compass. Beraktivitas sehari-hari pun menjadi lebih bersemangat. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com