Advertorial

Trik Agar Tetap Dapat Berolah Raga Meski Sibuk

Kompas.com - 30/11/2016, 10:58 WIB

Kesibukan dapat dengan mudah mendorong Anda untuk mencoret olah raga dari agenda harian. Melihat setumpuk kerjaan di meja serta jadwal meeting yang saling berhimpitan membuat Anda meyakini bahwa tidak berolah raga tidaklah masalah, yang penting kerjaan selesai dengan sempurna.

Malas menyempatkan diri untuk berolah raga jika dibiarkan akan berbahaya. Apalagi jika diikuti dengan pola makan dan pola istirahat yang tidak sehat. Berbagai penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh. Alasannya stamina tidak terjaga, daya tahan tubuh pun kurang prima, ditambah dengan obesitas yang mengundang banyak masalah kesehatan.

Agar tetap dapat berolah raga meski super sibuk, lakukan trik ini!

1. Jadikan perjalanan ke kantor sebagai olah raga

Jangan terlalu sering mengendarai mobil pribadi ke kantor karena selama di mobil Anda tidak banyak melakukan pergerakan fisik. Padahal waktu tempuh dari rumah untuk mencapai kantor lumayan panjang sekitar 1-2 jam. Mengapa tidak digunakan untuk berolahraga? Cobalah ikut komunitas bersepeda, kayuh sepeda ke kantor. Jika jarak rumah ke kantor terlalu jauh sehingga tidak memungkinkan ditempuh dengan sepeda, coba naik kendaraan umum. Jalan kaki ke stasiun kereta atau halte bus terdekat. Sesampainya di stasiun atau halte tujuan, lebih baik jalan kaki untuk menuju kantor.

2. Cari lokasi parkir yang jauh

Jika memang Anda terpaksa harus mengendarai mobil pribadi setiap hari, carilah lokasi parkir yang jauh dari kantor. Trik ini akan memaksa Anda berjalan kaki dan menggerakkan otot-otot tubuh. Jalan kaki adalah bentuk olah raga yang paling ringan, sederhana, dan murah. Coba jalan kaki ringan, kemudian perlahan percepat langkah. Latihan seperti ini jika dilakukan setidaknya 10-30 menit sehari akan menjaga kesehatan jantung, membakar kalori, dan mencegah osteoporosis. Oleh karena itu, sebaiknya simpan sepatu formal Anda di bawah meja kantor. Gunakan sepatu olah raga selama perjalanan ke kantor.

3. Daripada naik lift, coba naik tangga

Jangan manjakan diri Anda. Jika hanya ingin menuju satu dua lantai di atas atau di bawah ruang kantor Anda, jangan gunakan lift. Manfaatkan tangga. Naik turun tangga adalah salah satu bentuk latihan yang dapat melatih organ kardiovaskuler, melatih pernafasan, dan memperkuat otot.

4. Jangan makan siang di meja

Usahakan untuk aktif bergerak selama di kantor. Jangan terus-menerus duduk di meja kerja, menghadapi komputer. Jika waktu makan siang tiba, coba untuk makan di luar kantor, misalnya di kantin karyawan, atau berjalan mencari makanan yang belum pernah dicoba di sekitar kantor sambil bersosialisasi dengan teman kantor. Namun ingat, pilih jenis makanan yang sehat. Jika membawa makanan, bawa kotak makan ke kantin dan makan bersama-sama teman.

5. Curi-curi waktu olah raga

Anda sebenarnya dapat mencuri-curi waktu olah raga di sela kesibukkan. Anda bisa mencoba push-up dengan bantuan kursi atau meja kantor sebagai tumpuan saat ruang kerja sedang sepi. Simpan dumbell atau alat olah raga lain yang berukuran kecil dan praktis di laci kantor. Jika tidak sempat melarikan diri ke pusat kebugaran, latih otot dengan dumbell kecil yang Anda punya. Latih otot dalam beberapa set.

-

Jika ingin memaksimalkan sesi curi-curi olah raga di kantor, gunakan UCHEER Kinetic Energy Dumbell yaang dirancang khusus untuk melatih otot lengan dan seluruh tubuh dengan optimal. Ukurannya lumayan kecil sehingga mudah dibawa dan disimpan.

Untuk melatih kelenturan persendian seperti pergelangan tangan, siku, dan bahu, gunakan UCHEER uFlectere. Alat olah raga ini berbentuk batang dengan empat sambungan yang dapat diputar. Latihan dilakukan dengan memutar keempat sambungan tersebut.

Sesampainya di rumah, manjakan diri Anda dengan alat pijat Magnetic Energy Massage. Alat pijat ini ukurannya kecil, ringan, dan dapat dibawa ke mana saja. Tidak perlu baterai karena Magnetic Energy Massage dioperasikan secara manual.

Ketiga produk tersebut diproduksi dengan standar kualitas tinggi dan aman bagi kesehatan sehingga memperoleh penghargaan dari Taiwan Excellence. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap kunjungi http://www.taiwanexcellence.org/index_en.html. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com