Advertorial

Ini Alasan Kenapa Anda Harus Menjadikan Bersepeda Sebagai Gaya Hidup

Kompas.com - 30/11/2016, 18:23 WIB

Selain sebagai sebuah olahraga yang menyehatkan, kegiatan yang menyenangkan, sepeda juga merupakan alat transportasi yang ramah lingkungan.

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia bahkan merekomendasikan bersepeda sebagai salah satu aktivitas fisik yang baik untuk dilakukan oleh anak-anak hingga orang tua.

Pada sisi kesehatan, beberapa manfaat dari rutin bersepeda adalah:

1. Menyehatkan jantung 
Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini. Dengan bersepeda, sistem kardiovaskular akan lebih bugar. Ada juga penelitian yang menunjukkan, bahwa melakukan aktivitas fisik di luar ruangan seperti bersepeda dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular sekitar 3-7 persen.

2. Menguatkan otot
Rutin bersepeda baik untuk meningkatkan kekuatan otot kaki, pinggul, paha, dan juga bagian lutut. Akibatnya, Anda tak mudah mengalami cedera. Bersepeda juga merupakan latihan yang baik dilakukan bagi Anda yang memiliki radang sendi di tungkai bawah.

3. Mengontrol berat badan
Kegemukan atau obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga stroke.

Bersepeda secara rutin dapat mengontrol berat badan Anda. Beberapa penelitian menunjukkan, bersepeda secara konstan selama 1 jam bisa membakar sekitar 300 kalori.

4. Meningkatkan koordinasi tubuh
Bersepeda merupakan aktivitas fisik yang melibatkan semua bagian tubuh, sehingga meningkatkan keterampilan koordinasi tubuh. Karena pada saat bersepeda, ada koordinasi antara mata hingga kaki.

Hasilnya, kegiatan bersepeda dapat meningkatkan fungsi otak, mulai dari melakukan perencanaan, memori, hingga sinkronisasi.

5. Kesehatan mental
Tak hanya kesehatan fisik yang didapatkan, tetapi juga mental. Bersepeda dipercaya dapat mengurangi stres dan depresi. Saat bersepeda, tubuh akan melepaskan hormon serotonin dan dopamin bersamaan endorfin. Hormon-hormon tersebut membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh
Bersepeda secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebab, bersepeda dapat meningkatkan produksi sel-sel kekebalan dan melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Selain berbagai fungsinya terhadap kesehatan, sepeda juga dapat menjadi sebuah alat transportasi yang ramah lingkungan. Karenanya, banyak yang menjadikan bersepeda sebagai gaya hidup dan digunakan sebagai salah satu alat transportasi yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Pilih tipe sepeda yang cocok

Biasanya, tipe sepeda yang paling cocok digunakan adalah sepeda lipat. Karena sifat praktisnya yang dapat dilipat membuat pengguna bisa memadukannya dengan moda transportasi lain tanpa memakan ruang yang besar.

Berikut beberapa pilihan sepeda lipat yang kualitasnya sudah tidak diragukan, dan sudah mendapatkan penghargaan dari Taiwan Excelence:

1.       Pacific – Carry Me Single Speed

-

Dengan beratnya yang hanya 8 kg sepeda ini muat ke dalam kantong berukuran 91 x 30 x 27 cm sehingga sangat mudah untuk dibawa, dikirim, atau disimpan. Melipat dan membongkarnya pun sangat mudah, hanya diperlukan waktu dalam hitungan detik. Namun, sepeda ini benar-benar memikat saat Anda membuka lipatannya dan mengendarainya.

2.       Strida – Folding Bike – LT 16 Inch

-

Sepeda ini dapat dibuka dan dilipat hanya dalam kurang dari 10 detik tanpa alat apapun, dan dapat digulirkan ketika terlipat. Struktur rangkanya pun memudahkan sepeda untuk berdiri pada saat kondisi terlipat.

Sepeda ini menggunakan penggerak sabuk (belt drive) yang bersih, bebas pelumas. Tanpa rantai atau gir berminyak, sehingga tidak meninggalkan noda. Pemeliharaan sepeda ini juga sederhana.

3.       Tern – Folding Bike – Verge X20

-

Verge X20 merupakan sepeda lipat yang memiliki jiwa sepeda gunung. Dengan crankset 55/42, gigi 20 kecepatan, roda 20 inch, dan berat hanya 9,9 kg, semua spesifikasinya sudah setara dengan rancangan standar dari sepeda gunung. Namun, keunikannya sepedai ini adalah dapat dilipat dalam hitungan detik.

Sistem transmisinya menggunakan spare-part berkualitas tinggi kualitas terbaik dari SRAM dan SHIMANO, membuat perpindahan gigi menjadi sangat lancar. Sepeda lipat ini memiliki kinerja tinggi yang dilahirkan untuk menunjang kecepatan.

4.       Roxim – Raptor X4E Super Compact E-Bike Lights

-

Jangan lupa dengan keselamatan dalam berkendara, khususnya di malam hari. Karena pengendara sepeda sulit untuk terlihat di malam hari.

Rancangan inovatif dari seri Raptor X, lampu sepeda lintas bidang pertama di dunia, memberikan pengalaman mengemudi yang baru pada malam hari. Lampu ini dapat digunakan pada jalan raya dan offroad.

Lampu ini mewujudkan ruang pandang super luas 200 derajat wide-angle, dengan cahaya yang merata, dan mencakup jarak 20 meter di depan. Bahkan sampai jarak 50 meter juga jelas terlihat. Dengan berat hanya 72 gram, tingkat terang lampu ini mencapai 400 lumens atau 50 Lux. Sesuai dengan peraturan Jerman.

Raptor X juga memiliki rancangan garis penghenti yang anti silau, dan meningkatkan keamanan kedua belah pihak sesama pengguna jalan.

Ayo, tunggu apa lagi? Jadikan bersepeda sebagai gaya hidup! (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com