Advertorial

Game Ini Membuka Sebuah Level Baru pada Industri Game

Kompas.com - 19/12/2016, 08:15 WIB

Gamer adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang yang suka bermain game. Dulunya, gambaran yang terlintas ketika membayangkan gamer adalah orang-orang yang menghabiskan waktu berjam-jam dengan duduk di depan televisi atau monitor, dan memainkan game tersebut menggunakan perangkat elektronik.

Karena banyaknya waktu yang dihabiskan untuk duduk di depan monitor, label yang melekat pada para gamer pun biasanya adalah orang-orang yang tidak aktif dengan beraktivitas di luar rumah dan juga bukan orang yang pandai bersosialisasi dengan sekitar.

Kemudian, satu hal yang biasanya juga selalu membayangi para gamer adalah anggapan kalau kegiatan bermain game adalah kegiatan yang membuang-buang waktu dan jelek untuk masa depan.

Perubahan gamer dari waktu ke waktu

Seiring dengan berkembangnya teknologi, industri game juga ikut berkembang. Karakteristik para gamer juga berubah.

Contohnya, dengan teknologi internet label gamer sebagai geek yang unsociable hilang. Karena antara satu gamer dan gamer lainnya di belahan dunia mana pun terhubung, saling berkomunikasi, dan bermain bersama. Komunitas dan forum para gamer pun tidak jarang yang levelnya internasional.

Contoh lainnya dengan tingginya penetrasi sosial media dan smarthone yang marak, game dengan genre Social Network pun populer. Social Network Game adalah genre game yang biasanya dimainkan melalui platform sosial media.

Dampaknya, tipe gamer tidak lagi hanya sekedar casual dan hardcore gamer. Namun ada tipe baru yaitu social gamer, yaitu orang yang bermain game untuk mendapat teman atau sebaliknya. Karena tipe game dengan genre social network ini membutuhkan teman untuk bermain.

Terakhir, mengenai anggapan yang menganggap bermain game hanya membuang-buang waktu juga semakin berubah. Karena semakin ke sini, banyak cara untuk menghasilkan uang dari bermain game.

Dulu satu-satunya cara gamer menghasilkan uang dari bermain game adalah dengan mengikuti kompetisi. Memang untuk kompetisi game dengan level internasional, tidak jarang hadiahnya sangat besar. Namun yang namanya kompetisi, hanya yang terbaik yang bisa mendapatkan hadiah.

Kemudian kompetisi tidak lagi menjadi cara satu-satunya mendapatkan uang. Dengan bermunculannya game yang dapat dimainkan secara online, jual beli “item” atau “karakter” menjadi cara para gamer untuk mendapatkan uang hanya dengan bermain game.

Ke depannya, industri game akan kembali berkembang pada level baru. Khususnya pada konteks cara menghasilkan uang dari bermain game.

Perpaduan game dan fintech, level baru untuk para gamer

TAGG, sebuah game yang dikeluarkan oleh SIXCAP Group, merupakan web based game dengan genre strategi. Game ini menggabungkan dua variabel berbeda, yaitu dunia permainan virtual dan dunia nyata dengan financial technologi (fintech). Jadinya, pemain akan dapat menghasilkan uang hanya dengan bermain game.

Cara bermain

Pada game ini, pemain akan dibawa ke dunia TAGG untuk membangun “Nexus” dan memperbesar kerajaannya. Dalam membangun Nexus, pemain membutuhkan “Nodes” untuk menambang “Mana”. Mana yang didapatkan dapat dikumpulkan dan digunakan lagi untuk membuat Nodes, atau dipanen.

Walaupun dikemas secara apik dalam sebuah permainan, riilnya Nodes adalah instrumen investasi, sedangkan Mana adalah laba yang didapatkan dari keuntungan investasi tersebut.

Mana yang di kumpulkan dan digunakan lagi untuk membuat Nodes maksudnya adalah membeli instrumen investasi baru menggunakan keuntungan yang ada, dan memanen mana maksudnya adalah menguangkan keuntungan dari instrumen investasi.

Dan seperti halnya strategi diversifikasi investasi, strategi pemain dalam memadukan tipe Nodes menjadi penting dalam membangun Nexus-nya.

Untuk storyline-nya­ sendiri juga tidak seperti game-game lainnya yang sudah ditentukan. Lini cerita TAGG akan berkembang seiring dengan perkembangan TAGG dan pola perilaku pemain.

Tertarik? silakan klik www.playtagg.com untuk informasi lebih lanjut, dan buktikan bahwa bermain game tidak hanya membuang waktu dan uang, tetapi justru bisa menghasilkan uang. (adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com