Advertorial

Lima Belas Inovator Terpilih sebagai Finalis BlackInnovation 2016

Kompas.com - 06/01/2017, 17:57 WIB

BlackInnovation 2016 sudah memasuki tahap final dan mendapatkan 15 inovator sebagai finalis. 15 finalis ini adalah para inovator yang dipilih langsung oleh tujuh orang juri, setelah melakukan seleksi ketat dari 30 semifinalis BlackInnovation 2016.

Ketujuh juri yang juga merupakan pengamat dan praktisi inovasi tersebut adalah Budi Suwarna jurnalis senior dari Kompas Muda, Yuka Herlanda dari Brodo, Surya Darmadi dari Qlue, Svasti Manggalia dari Svas Living, Aulia Faqih dari Dirakit, Achmad Fadillah dari Palewai Studio, dan Irsan Suryadi Saputra dari IBM.

BlackInnovation 2016 adalah ajang kompetisi untuk menunjukkan kreativitas ide dan desain generasi muda tanah air, dan membuat ide mereka jadi kenyataan. Ke-15 nama finalis BlackInnovation 2016 dapat dilihat di blackinnovation.blackxperience.com.

Perjalanan menuju final BlackInnovation 2016

BlackInnovation 2016 resmi dibuka pada 25 Agustus 2016 lalu. Selain produk inovasi kreatif, kali ini kesempatan para kreator dan inovator diperluas untuk mengikutsertakan inovasi produk yang berhubungan dengan internet atau digital (Internet of Things).

Para juri harus menyaring ribuan ide inovasi yang didaftarkan secara online pada website blackinnovation.blackxperience.com dan memilih 30 ide terbaik sebagai semifinalis BlackInnovation 2016. Inovasi dari para semifinalis tersebut terdiri dari 11 produk IoT dan 19 produk desain.

Tepat pada 25-26 November 2016 kemarin di Oak Tree Hotel, para semifinalis diberikan waktu tujuh menit untuk mempresentasikan dan menerangkan ide produknya mulai dari masalah, solusi, kompetisi, nilai guna, kendala, pemasaran dan pangsa pasar.

15 finalis yang terpilih berkesempatan mendapatkan mentoring online dengan mentor-mentor teknis dan juri-juri yang berpengalaman dalam bidang desain dan IoT (Internet of Things) mengenai karya yang dibuat.

Tidak hanya itu, para finalis juga akan dibantu dalam proses pembuatan mock-up dan prototype karya mereka masing-masing. Sesi mentoring ini akan berjalan kurang lebih sebulan mulai dari 12 Desember 2016 hingga 27 Januari 2017.

Selesai proses mentoring, para finalis akan ditantang untuk mempresentasikan hasil karyanya di hadapan juri-juri BlackInnovation, dengan didukung prototype atau mockup produk yang sudah jadi. Nantinya pada juri akan memilih tiga inovator terbaik BlackInnovation 2016.

Bagi ketiga pemenang, masing-masing berhak mendapatkan hadiah uang tunai Rp 30 juta ditambah Innovation Journey ke luar negeri untuk melihat tempat-tempat inovatif yang menarik untuk dipelajari.

Pemenang favorit pilihan pembaca

Namun, para inovator yang tidak masuk babak final, perjalanan mereka belum selesai. Karena ke-30 semi finalis tersebut masih berkesempatan untuk menjadi finalis favorit pilihan pembaca.

Anda sebagai pembaca Kompas.com dapat mengambil bagian untuk memberikan voting untuk Pemenang Favorit BlackInnovation 2016. Caranya tinggal kunjungi Blackinnovation untuk melihat 30 karya semi finalis BlackInnovation 2016 dan lakukan voting online.

Karya yang paling banyak dipilih oleh pembaca BlackXperience berhak menjadi Pemenang Favorit BlackInnovation 2016, dan mendapatkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 10 juta untuk Pemenang Favorit I, uang tunai Rp 7,5 juta untuk Pemenang Favorit II, dan uang tunai Rp 5 juta untuk Pemenang Favorit III. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com