Kapan Waktu yang Tepat Beli Apartemen? - Kompas.com
Advertorial

Kapan Waktu yang Tepat Beli Apartemen?

Kompas.com - 13/01/2017, 08:00 WIB
-

Kebanyakan orang akan menyarankan untuk membeli properti, termasuk apartemen, adalah membeli pada saat harga perdana (early bird), ketika masih dalam tahap pembangunan. Selain itu, beberapa saran lainnya seperti pilih lokasi yang sedang berkembang (sunrise), dan dekat dengan berbagai pusat kegiatan.

Padahal masing-masing pilihan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Seperti dijelaskan oleh Reynaldi Djajady, Deputy Sales Manager Paddington Heights Alam Sutera Group, membeli properti ketika early bird bukan berarti tanpa masalah, seperti kualitas yang belum diketahui dan investasi yang idle selama unit belum dapat digunakan.

“Biasanya, kalau yang harga perdana itu pertama kualitas bangunannya kita nggak tahu bagaimana. Harganya lebih murah, tapi investasi kita tidak berkembang selama dua sampai tiga tahun karena tidak bisa disewakan,” jelasnya ketika diwawancara oleh Kompas.com di kantornya, Rabu (28/12/2016).

Beda halnya dengan membeli properti ketika sudah jadi. Selain dapat melihat langsung kualitas bangunannya, properti tersebut sudah langsung dapat dipakai atau menjadi passive income apabila disewakan. Namun harga properti biasanya sudah mahal.

Dalam perbincangan ini, Reynaldi juga menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari konsep apartemen yang populer saat ini, yaitu Superblok. Ini adalah konsep yang membuat sebuah kawasan dengan kelompok bangunan gedung yang dirancang secara terpadu dan terintegrasi.

Pada sebuah kawasan superblok, satu kawasan tersebut bisa difungsikan untuk beberapa hal. Mulai dari residensial, mal, kantor, ruko, hotel, bahkan kampus. Pada satu sisi, penghuni yang tinggal di sana akan merasa nyaman karena mendapatkan fasilitas yang lengkap.

Namun biasanya kenyamanan tersebut ditukar dengan “kepadatan”.

“Bisa dibayangkan Anda mau masuk rumah, Anda harus rebutan dengan yang mau masuk office, mau masuk ke mal, mau masuk hotel. Biasanya sangat macet. Sangat crowded. Setelah masuk, Anda harus muter-muter cari parkir yang sangat penuh karena jumlahnya tidak memadai” jelas Reynaldi.

Konsep semi superblok pada Paddington Heights Apartment Towers

Dalam perbincangan lebih lanjut, Reynaldi memberikan berbagai faktor yang dapat dipertimbangkan dalam memilih apartemen. Faktor-faktor tersebut terdapat dalam Paddington Heights Apartment Towers dengan konsep semi superblok yang berlokasi di Alam Sutera.    

Paddington Heigts merupakan single tower apartemen dengan segala kenyamanan dan privasi yang tidak akan didapatkan dari apartemen superblok yang padat. Namun karena lokasinya yang berada di kawasan Central Business District (CBD) Alam Sutera, segala efektivitas dan efisiensi yang didapatkan dari superblok juga bisa didapatkan di sini. Lokasi sangat strategis hanya 2 menit dari dan menuju pintu tol Jakarta-Merak.

“Kenapa kita bilang begitu (semi superblok)? karena kita jalan kaki itu hanya tiga menit menuju Mall @ Alam Sutera. Jadi kalau mau cari makan, mau cari hiburan, tinggal ke sebelah. Terus kita itu tepat di sebelahnya Universitas Binus Alam Sutera. Sebelahnya persis. Jadi dekat pusat pendidikan. Kemudian kita dekat dengan banyak perkantoran,” paparnya.

-

https://www.alam-sutera.com

Selain Mall @ Alam Sutera, masih ada IKEA, Living World, The Flavor Bliss, Pasar 8, Universitas Bunda Mulia (UBM) Alam Sutera yang akan mulai beroperasi tahun ini, Rumah Sakit Omni Alam Sutera, dan masih banyak lagi. Semua fasilitas di kawasan yang “sudah jadi” ini dapat diakses dengan mudah dari Paddington Heights Apartment Towers.

Kawasan Alam Sutera memang sudah terkenal sebagai sebuah kawasan hunian terintegrasi lengkap dengan berbagai fasilitas di segala aspek kehidupan. Mulai dari kesehatan, pendidikan, hiburan, bisnis, keamanan, lingkungan, akomodasi dan transportasi.

Bukan Menawarkan “nantinya”

Satu hal lagi yang menjadi catatan oleh Reynaldi adalah, biasanya pada yang dijual pengembang adalah “nantinya”.

“Banyak developer lain itu bilangnya future-nya akan begini. Nanti akan ada kampus, mal, kantor, dan lain-lain. Tapi semuanya itu masih nantinya. Jadi bisa dikatakan mereka jual supply dulu baru ada demand,” ungkapnya.

Padahal ketika supply lebih tinggi daripada demand, itu artinya harga akan jatuh atau stagnan. Sedangkan, lanjut Reynaldi,  di kawasan Alam Sutera itu demand-nya sudah ada. Mulai dari pendidikan sampai perkantoran. Lingkungan Alam Sutera sudah jadi, tapi supply-nya baru ada.

“Jadi kalau demand lebih besar daripada supply otomatis harganya akan naik. Itu yang kita janjikan konsumen,” jelasnya.

Paddington Heights Apartment Towers memiliki target pasar sekitar 20.000 mahasiswa dari Binus dan UBM, dan 100 ribu karyawan di CBD Alam Sutera. Apartemen siap huni ini dapat langsung disewakan sehingga pemilik bisa mendapatkan passive income dari sewa.

Dari sisi fasilitas, selain kualitas bangunannya sangat baik, Paddington Heights memberikan fasilitas parkir satu banding satu plus. Maksudnya, areal parkir yang disediakan oleh Paddigton Heights lebih banyak dari unitnya.

“Unit kita hanya 502 di atas tanah seluas 9.000 meter persegi. Kita (kapasitas) parkirnya di atas itu. Kurang lebih 580-an. Jadi satu unit sudah pasti dapat, dan kalau ada beberapa yang punya lebih dari dua mobil masih tersedia.” ucap Reynaldi.

-

https://www.alam-sutera.com

Fasilitas lainnya yang ada di Paddington Heights adalah empat  lift dengan access card untuk tiap lantai yang hanya 10 unit, CCTV dan security 24 jam, infinity pool dengan double view ke kota dan Downtown Lake Alam Sutera, barbeque area, pool lounge, outdoor cafe, dan rooftop garden.

Harga yang masih terjangkau

Yang paling penting dari semua yang diberikan oleh Paddington Heights, harga masih sekitar 22 juta per meter persegi dan sudah jadi. Sementara harga properti lain di kawasan yang sama berkisar 23-27 juta per meter persegi dan belum siap huni, dengan rata-rata serah terima 2-3 tahun lagi.

Cicilan Paddington Heights mulai dari 12 jutaan per bulan. Namun karena sudah siap huni dan dapat langsung disewakan, riil yang harus dibayarkan oleh pembeli bisa mencapai hampir setengahnya setelah dipotong oleh pendapatan sewa.

-

https://www.alam-sutera.com

Jadi tunggu apalagi? Segera miliki Paddington Heights Apartment Towers. Kunjungi booth pameran Paddington Heights, 16-22 Januari 2017 di Puri Indah Mall, Center Court 2, Ground Floor dan Chinese New Year Open House, Minggu, 22 Januari 2017, di Kantor Pemasaran Paddington Heights, Jl. Lingkar Barat No 2, Alam Sutera.

Dapatkan promo lucky angpao berupa diskon hingga ratusan juta rupiah selama pembelian unit periode 21 Januari sampai 15 Februari 2017.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi marketing representative Paddington Heights via telepon di nomor (021) 2977 9798 atau via SMS/Whatsapp dengan format: kompas<spasi>nama di nomor 0817 6700 558 atau klik www.alam-sutera.com. (Adv)