Advertorial

Penulis Konten Digital Jadi Profesi Paling Menjanjikan pada 2017

Kompas.com - 24/01/2017, 19:38 WIB

Dari sekian banyak profesi, ternyata penulis konten digital merupakan salah satu yang paling dicari perusahaan dan diminati para pencari kerja. Berdasarkan informasi yang didapat dari UC News, sebuah distributor konten besutan UCWeb, konsumsi konten online di Indonesia pada 2016 mengalami peningkatan sebanyak 61 persen dari tahun sebelumnya.

Dari segi platform konten, UC News melaporkan bahwa jumlah konsumsi konten yang ditulis oleh para penulis blog atau penulis independen lainnya juga ikut meningkat secara signifikan pada Desember 2016. Peningkatan tersebut terjadi hanya dalam kurun waktu enam bulan saja.

Adapun tiga faktor pemicunya adalah perkembangan teknologi, kemudahan akses internet, dan ketersediaan platform yang lebih bervariasi. Ketiga hal itu tidak hanya memicu, tetapi juga memacu dan mengasah kreativitas banyak orang untuk menuangkan pemikiran mereka ke dalam bentuk tulisan digital.

Selain itu, profesi yang satu ini memiliki beberapa keuntungan. Pertama, penulis konten tidak dipatok oleh jam kerja yang kaku, yaitu hadir di kantor pada pukul 08.00 dan pulang pada pukul 17.00.

Keuntungan kedua adalah sistem kerja yang lebih fleksibel. Sistem ini memungkinkan setiap penulis konten untuk bekerja di mana saja tanpa perlu berada di kantor. Coba bayangkan, Anda dapat menulis di rumah, kafe, atau di mana saja yang bisa membantu menimbulkan inspirasi serta motivasi kerja. Sebab, yang paling penting adalah Anda dapat disiplin dalam mengatur waktu. 

Uang bisa berawal dari hobi

Siapa bilang hobi menulis itu tidak bisa menghasilkan uang atau mendatangkan manfaat? Selama hobi itu dilakukan terus-menerus dengan sepenuh hati sambil mengasah kemampuan, hal itu tentu akan mendatangkan hasil atau bahkan keuntungan.

Oleh karena itu, UC News berinisiatif untuk memberdayakan para penulis independen lokal yang kreatif melalui sebuah kompetisi, yaitu Jagoan Nulis. Kompetisi ini merupakan ajang pencarian penulis konten berbakat di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, UC News juga menjalin kerja sama dengan lima media nasional terkemuka. 

Lewat kompetisi ini, para penulis berkesempatan untuk mempromosikan hasil karya mereka kepada 30 juta pembaca potensial UC News. Setelah kompetisi berakhir, UC News akan memberikan penghargaan beserta hadiah kepada 10 tim penulis dengan jumlah pembaca terbanyak. Nantinya, satu tim penulis dengan karya terbaik akan mendapatkan hadiah uang senilai Rp 100.000.000 dan gadget canggih.

Kompetisinya sendiri telah berlangsung sejak 15 Januari 2017 lalu dan akan berakhir pada 13 Februari 2017. Para peserta diharuskan untuk membentuk tim penulis beranggotakan maksimal 100 orang. Pemenang akan dipilih berdasarkan jumlah total pembaca dari setiap tim penulis.

Artikel yang diikutsertakan dalam kontes ini akan diseleksi oleh pihak juri yang terdiri dari tim editor UC News. Pihak juri bertugas memastikan artikel-artikel tersebut akurat, terpercaya, dan orisinil.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut atau setiap perkembangan terbaru secara real-time, Anda bisa mengunjungi laman Jagoan Nulis.  Di sini, Anda bisa melihat semua artikel, tren topik terbaru, serta peringkat tim penulis Jagoan Nulis.

Nah, jika ingin menjadi penulis konten yang sukses dan terkenal, segera ajak teman-teman Anda untuk bergabung dalam kompetisi Jagoan Nulis! (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com