Advertorial

Andalkan X-Tronic CVT dan Eco-Driving, Nissan Grand Livina tempuh Bandung-Jakarta Hanya 7 Liter Bensin

Kompas.com - 26/01/2017, 09:41 WIB

Ini adalah sebuah rekor baru dalam dunia otomotif tanah air, yaitu menempuh jarak antara Bandung-Jakarta menggunakan mobil yang hanya bermodalkan 7 liter bensin beroktan 92. Rekor ini berhasil ditorehkan oleh Nissan Motor Indonesia (NMI) dalam acara “Tantangan 7 Liter Livina” pada Sabtu (3/12/2016) lalu.

Perjalanan Bandung-Jakarta ini dimulai dari diler Nissan di Cimahi Bandung, menuju kantor pusat Nissan di MT Haryono, Jakarta. Dan sesuai namanya, tantangan ini dilakukan dengan menggunakan mobil Nissan Grand Livina.

Medan yang ditempuh adalah keramaian lalu lintas Cimahi menuju tol Pasir Koja, panjangnya tol Cipularang, dan beberapa titik macet seperti di KM 21 – KM 11, keluar tol Halim, dan juga putar balik di dekat Menara Saidah. Total jarak yang ditempuh sekitar 140 km.

Rekor terbaik adalah yang berhasil diperoleh Donny Apriliananda. Tampak pada MID Grand Livina yang digunakan oleh Donny, rata-rata konsumsi BBM sebanyak 30,3 kilo per liter (kpl).

Apabila dikalikan dengan harga rata-rata bensin beroktan 92 di pasaran, biaya yang dibutuhkan untuk bensin Bandung-Jakarta tidak lebih dari Rp 40 ribuan.

30,3 kpl dan visi Intelligent Mobility Nissan

Tantangan 7 Liter dan pencapaian Donny ini adalah salah satu perwujudan visi dari Nissan yang terangkum dalam Intelligent Mobility.

Dijelaskan oleh Presiden Direktur NMI Antonio “Toti” Zara, salah satu gambaran dari visi tersebut adalah efisiensi bahan bakar dan emisi nol (zero emission) untuk keberlangsungan lingkungan. Visi tersebut diwujudkan oleh Nissan salah satunya  melalui teknologi Xtronic CVT (Continuously Variable Transmission) yang dimiliki salah satu produk unggulan Nissan, Grand Livina.

Xtronic CVT adalah sebuah teknologi transmisi otomatis pintar yang menghasilkan perpindahan gigi secara halus, tanpa hentakan dan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien tanpa mengorbankan akselerasi.

“Melalui fitur Nissan Intelligent Mobility yang ada pada kendaraan Nissan saat ini, masyarakat selangkah lebih dekat untuk merasakan pengalaman berkendara yang menyenangkan di masa depan. Melalui kegiatan ini, para peserta akan mencoba langsung kemampuan teknologi Xtronic CVT pada Nissan Grand Livina,” jelasnya.

Kompetisi yang mengusung fitur Nissan Intelligent Mobility ini menunjukkan manfaat Xtronic CVT (Continuously Variable Transmission) yang dimiliki salah satu produk unggulan Nissan, Grand Livin

Tantangan 7 Liter Livina ini selain ajang menunjukkan manfaat Xtronic CVT, juga merupakan ajang sosialisasi visi Nissan tersebut. Sehari sebelum tantangan tersebut dilakukan, para peserta dibekali workshop eco-driving.

“Saya mencoba mempraktekkan apa yang didapat dari workshop eco-driving kemarin di Nissan Media Workshop, intinya harus sabar dan tidak agresif. Hasilnya, saya berhasil mendapatkan konsumsi rata-rata BBM sebesar 30,3 kpl,” ujar Donny usai pengumuman pemenang, di kantor Nissan, Jakarta. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com