kabar mpr

Ketua MPR Ajak Semua Elemen Bangsa Jaga Kedamaian Selama Pilkada

Kompas.com - 14/02/2017, 19:37 WIB

Menyambut pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan serentak diselenggarakan Rabu 15 Februari 2017, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengimbau seluruh elemen bangsa untuk menjaga kedamaian dan keamanan.

Menjaga ketertiban dan kelancaran Pilkada bukan hanya tugas aparat penegak hukum yaitu jajaran TNI dan Polri, tetapi juga seluruh rakyat Indonesia.

“Pilihan boleh berbeda-beda tetapi persatuan dan persaudaraan tetap yang utama,” ujarnya pada konferensi pers di Kompleks MPR RI, Senayan, Selasa (14/2/2017).

Politikus PAN tersebut  mengatakan bahwa Pilkada merupakan persaingan antar sesama saudara sebangsa untuk kepentingan rakyat. “Siapapun yang unggul nantinya, pemenangnya tetap rakyat Indonesia," kata Zulkifli.

Zulkifli juga mengimbau rakyat Indonesia untuk menghargai demokrasi dengan waspada dan menghindari segala bentuk politik uang. Kedaulatan rakyat tidak seharusnya ditukarkan dengan nominal uang atau pemberian barang.

Pada penyelenggaraan Pilkada serentak, Zulkifli berharap penyelenggara yaitu KPUD, Bawaslu, dan Panwaslu untuk dapat mengawal proses Pilkada sesuai Undang-Undang. Mereka diharapkan netral, jujur, adil, dan tidak memihak. 

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com