kabar mpr

Ketua MPR Bersyukur Pilkada Berlangsung Aman

Kompas.com - 16/02/2017, 18:21 WIB

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bersyukur atas pelaksanaan pilkada serentak 2017 yang telah berlangsung pada hari Rabu (15/2/2017) lalu. Menurut ia, pilkada tahun ini berlangsung demokratis, damai, dan tertib.

“Kemarin Pilkada berlangsung di 101 daerah di seluruh Indonesia. Semuanya berjalan dengan damai, tidak ada rumah yang rusak, tidak ada korban yang jatuh,” tutur Zulkifli di ruang kerjanya di Kompleks MPR/DPR/DPD Senayan, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Kemarin, Zulkifli dan istrinya menggunakan hak suaranya untuk pilkada DKI Jakarta di TPS 79 Kompleks Cipinang Indah, Jakarta Timur. Setelah mencoblos di TPS, ia mengaku memantau jalannya pelaksanaan Pilkada di lokasi pemungutan suara lainnya.

Zulkifli mengamati, suasana TPS terasa guyub, sebab tidak ada permusuhan di antara para pemilih dan pendukung pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

"Suasana TPS juga guyub dan hangat. Setelah memilih, mereka akrab dan bersatu lagi. Tak ada permusuhan antarpemilih," ujar ia.

Zulkifli pun mengucapkan terima kasih kepada KPUD, Banwaslu, polisi, TNI, dan seluruh rakyat yang telah melaksanakan Pilkada Serentak dengan tertib.

Berdasarkan hasil quick count dari beberapa lembaga survei, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 2 dan 3 unggul pada putaran pertama. Pasangan nomor urut 2 adalah Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat, sementara pasangan nomor urut 3 adalah Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. 

Zulkifli mengucapkan selamat kepada kedua pasangan dan berharap pilkada putaran dua tetap berlangsung dengan damai.

"Selamat kepada calon terpilih dan selamat kepada Ahok dan Anies yang masuk dalam putaran II pilkada DKI Jakarta. Bersama kita jaga pilkada ini tetap damai," kata Zulkifli. (Adv)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com