kabar mpr

Ketua MPR RI Resmikan Irigasi Air Tanah dengan Para Petani

Kompas.com - 17/02/2017, 19:32 WIB

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meresmikan Pendayagunaan Air Tanah untuk Jaringan Irigasi Air Tanah (JIAT) di Desa Rejomulyo, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan bersama para tani setempat pada, Jumat (17/2/2016).

Acara yang diawali dengan Tari Sembah, digelar di tengah-tengah areal persawahan. Dalam kesempatan ini juga hadir Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, Dirjen SDA Kementerian PUPR Imam Santoso, dan Anggota IV BPK RI Prof. Rizal Jalil.

Dalam sambutannya, Imam Santoso mengatakan "Ketahanan pangan menjadi prioritas utama saat ini. Untuk itu, harus memajukan infrastruktur pengairan irigasi untuk pertanian. Hal tersebut dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas produk pertanian masyarakat, semuanya itu masuk ke dalam program nasional, yaitu Indonesia Menuju Swasembada Pangan".

Program Irigasi Air Tanah di Kabupaten Lampung Selatan tersebar di empat lokasi desa Rujomulyo.

"Sudah 190 unit yang tersebar di 17 kecamatan di Lampung. Tahun ini membangun 20 irigasi air tanah, untuk Lampung Selatan ada 12 irigasi tanah. Dengan debit 20 liter per detik, kedalaman sumur 100-145 meter dengan luas layanan irigasi mencapai 60 hektar sawah dan dibuat rumah pompa dengan energi listrik menggunakan genset 45 kilowat," kata Imam.

Zulkifli Hasan sangat mengapresiasikan pembangunan irigasi air tanah di kampung halamannya. "Sarana yang modern akan menunjang produktifitas. Produktifitas meninggi akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Zulkifli dalam sambutannya.

Menutup sambutannya, Zulkifli berpesan kepada para petani agar memberikan pendidikan yang setinggi-tingginya untuk anak mereka. "Sekolah penting sekali karena pendidikan yang mengubah keadaan."

Acara ini ditutup dengan penandatanganan prasasti peresmian jaringan irigasi air tanah oleh Zulkifli Hasan serta peninjauan langsung peralatan irigasi air tanah.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com