kabar mpr

Bicara Soal Keadilan, Ketua MPR: Semua Harus Menghormati Perbedaan

Kompas.com - 01/03/2017, 17:36 WIB

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan bicara soal keadilan di hadapan ratusan pengurus dan anggota Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Zulkifli mengingatkan pemuda mengenai Pancasila, yakni dasar hukum dan ideologi bangsa Indonesia, dengan menitikberatkan pada sila kelima, yakni perihal keadilan.

Menteri Kehutanan RI ke-10 itu mengatakan, pemenuhan keadilan untuk seluruh rakyat adalah tantangan yang berat bagi bangsa Indonesia. Menurut ia, masih banyak rakyat Indonesia yang belum mendapat keadilan, meski Indonesia telah merdeka selama lebih dari 70 tahun.

"Fakta bahwa ketimpangan besar antara yang kaya dan yang miskin masih sangat terasa. Banyak sekali rakyat Indonesia yang tidak memiliki tanah, tetapi di sisi lain ada segelintir si kaya yang memiliki tanah yang sangat luas. Inilah tantangan bangsa, yakni pemerataan keadilan," kata Zulkifli pada acara Pembukaan Konsolidasi Nasional Kaderisasi KAMMI 2017 di Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Ia menekankan pentingnya keseimbangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia mengimbau generasi muda Islam harus memahami hal tersebut, sehingga nantinya bisa berperan aktif dalam upaya menciptakan keadilan, saat ini dan pada masa yang akan datang.

"Keadilan bukan hanya dalam bidang perekonomian tapi juga keadilan pandangan dan perlakuan.  Semua harus berlaku adil satu sama lain saling menghormati perbedaan.  Beda agama, beda suku, beda keyakinan, beda pilihan adalah keniscayaan dan memang bagian dari bangsa dan negara kita serta pelaksanaan demokrasi di negara kita," ujar Zulkifli.

Zulkifli juga menyinggung soal mayoritas dan minoritas. Setiap negara memiliki penduduk dengan berbagai agama, suku, dan ras. Saat salah satunya mendominasi, maka kelompok lainnya pun tergolong sebagai minoritas.

Menurut Zulkifli, kaum mayoritas tidak boleh sewenang-wenang. Akan lebih baik bila kelompok mayoritas bisa berjalan beriringan dan melindungi minoritas. Sesungguhnya, antara kaum mayoritas dan minoritas mesti ada keseimbangan, rasa saling menghormati dan menghargai.   

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com