Advertorial

Kendaraan Tipe Multi-aktivitas Ini Bahkan Cocok untuk Membawa Keluarga Liburan

Kompas.com - 07/03/2017, 08:45 WIB

Tipe kendaraan selalu melekat dengan fungsi utamanya. Misalnya kendaraan dengan tipe city car, biasanya didesain dengan ringkas, ukurannya tergolong kecil, dan kubikasi mesin yang tidak besar. Itu semua sesuai dengan fungsi utamanya, yaitu dapat melaju dengan lincah di jalanan perkotaan.

Tentu saja desain city car ini akan jauh berbeda dengan multi purpose Vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV).

Pada MPV, fitur utamanya lebih kepada muatan yang lebih besar. Biasanya, muatan yang dimaksud di sini adalah penumpang. Kebanyakan MPV memang didesain untuk dapat mengangkut 7 penumpang dalam sekali jalan. Kursi pada bagian belakangnya pun dapat dilipat untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Sedangkan pada SUV, hal paling menonjol yang terlihat dari desainnya adalah ground clearence yang tinggi disertai tenaga yang besar. Memang mobil tipe ini adalah kendaraan yang tangguh di berbagai medan, baik offroad maupun onroad.

Multi activity vehicle (MAV)

Toyota melalui produk barunya, Toyota Sienta, memperkenalkan sebuah tipe kendaaran baru yaitu multi activity vehicle (MAV) atau multi-aktvitas.

Sebetulnya, secara fungsi tipe ini tidak berbeda dengan kendaraan multi-guna (MPV). Namun desain fungsional yang dikemas dengan apik oleh raksasa pabrikan mobil dunia ini membuat pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas dengan kendaraan ini.

Seperti halnya kendaraan multi-guna, Toyota Sienta dapat memiliki tiga baris tempat duduk dan dapat mengangkut 7 orang dalam sekali jalan. Namun berbeda dengan kendaraan multi-guna yang tempat duduk pada baris ketiga yang hanya dapat dilipat, pada Sienta tempat duduk baris ketiga tersebut dapat diselipkan di bawah tempat duduk baris kedua dengan fitur dive-in seat.

Fitur ini tentu saja memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar dan datar ketimbang apabila tempat duduk baris ketiga tersebut hanya dilipat. Ditambah desain body bagian belakang bagian atasnya yang kotak semakin menambah banyak barang untuk menunjang berbagai aktivitas pengendara.

Bukan hanya ruang penyimpanan, fitur power sliding door yang disematkan memudahkan pengguna untuk memasukkan dan mengeluarkan penumpang ataupun barang. Fitur pintu geser ini memang memberikan ruangnya yang lebih besar bila dibandingkan dengan pintu pada umumnya.

Fitur pintu geser Toyota Sienta ini juga sangat aman buat penumpang terutama anak kecil. Ketika ada benda, atau tangan, hingga anggota badan lain yang menghalangi, sensornya akan bekerja sehingga tidak langsung menutup dan tidak akan terjepit.

Tidak hanya itu, pintu geser dapat membantu pengguna saat harus memarkir kendaraan di ruang yang sempit. Sebab, pintu terbuka dengan cara bergeser, bukan terbuka keluar. Dengan demikian penumpang dapat keluar dan masuk dengan leluasa meski di ruang sempit.

Perpaduan ini membuat Sienta menjadi mobil yang bisa mengakomodasi segala aktivitas. Mulai dari aktivitas kaum urban di Ibu Kota, sampai liburan bareng keluarga yang membutuhkan banyak ruang untuk membawa berbagai perlengkapan.

Ingin mencoba sendiri fitur-fitur Toyota Sienta? Ayo hadiri Sunday Test Drive pada 12 Maret 2017 mendatang di Bangi Kopitiam, SCBD, Jakarta Selatan. Rasakan langsung pengalaman berkendara dengan MAV tersebut. Acara yang diselenggarakan oleh Otomania.com dan bekerja sama dengan Toyota Sienta ini juga menghadirkan berbagai kompetisi seru berhadiah jutaan rupiah.

Buktikan kenyamanan berkendara bersama Toyota Sienta di Otomania.com Sunday Test Drive.

Daftarkan diri Anda pada formulir di bawah ini. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com