kabar mpr

Ketua MPR: 4 Orang Terkaya Indonesia Kekayaannya Setara dengan 100 Kelompok Termiskin

Kompas.com - 16/03/2017, 16:51 WIB

Dalam rangkaian agenda silaturahmi dan kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat, Ketua MPR Zulkifli Hasan memberikan keynote speech dalam seminar kewirausahaan yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Bandung.

Di hadapan ratusan mahasiswa Unikom, Ketua MPR mengingatkan kembali bahwa setelah 18 Tahun reformasi, kesenjangan antara yang kaya dan miskin masih tinggi

"Data Oxfam menunjukkan 4 orang terkaya Indonesia kekayaannya setara dengan 100 juta kelompok termiskin. Ini harus jadi perhatian mahasiswa," ujarnya.

Untuk itulah diperlukannya peran kampus untuk kampus mencetak generasi enterpreneur yang berani membuka lapangan kerja dan bukan lagi mencari kerja.

"Kesenjangan bisa dikurangi dengan munculnya lebih banyak pengusaha pengusaha muda. Saya mendorong Unikom mencetak generasi wirausaha," tambahnya.

Dari kesenjangan sampai nilai luhur ke-Indonesiaan.

Tidak hanya berbicara mengenai kesenjangan dan harapannya terhadap kampus, Zulkifli juga membicarakan perihal memudarnya nilai-nilai luhur ke-Indonesiaan.

Hal Ini diungkapkannya ketika menjadi pembicara dalam Seminar Legislasi Meretas Harapan Pembangunan Nasional melalui Amandemen ke 5 yang dilaksanakan di Kampus UPI Bandung.

Dalam pidatonya, Zulkifli Hasan mengingatkan kembali bahwa setelah Reformasi bangsa Indonesia dihadapkan pada memudarnya nilai nilai luhur ke-Indonesiaan

"Demokrasi memperbolehkan perbedaan pendapat dan adu gagasan, tapi jangan merendahkan yang bukan kelompoknya," jelasnya.

Ia sendiri yakin, masih ada semangat persaudaraan sesama anak bangsa.

"Jangan karena bukan kelompoknya, lantas jadi musuhnya. Ingat kita semua bersaudara," tutupnya.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com