Advertorial

Bangun Kembali Semangat Membaca di Seluruh Pelosok Indonesia

Kompas.com - 22/03/2017, 09:00 WIB

Studi menunjukkan Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara terkait minat membaca. Data tersebut berasal dari studi "Most Littered Nation in the World" yang dilakukan oleh Central Connecticut State University tahun 2016 lalu. 

Padahal sebagai jendela dunia, buku menjadi suatu sarana bagi seseorang untuk memperluas wawasan sekaligus mengetahui lebih dalam tentang berbagai aspek kehidupan yang belum diketahui sebelumnya. 

Situasi itu mendorong PT. Bank Central Asia, Tbk (BCA) mengadakan forum Kafe BCA V dengan tema "Membaca dari Generasi ke Generasi" bertempat di Menara BCA, Jakarta, Rabu (15/3/2017). 

Melalui forum ini BCA mengajak seluruh lapisan elemen masyarakat untuk membangun kembali semangat membaca. Ini juga merupakan upaya membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas akses buku bacaan bagi seluruh anak-anak di berbagai pelosok Indonesia. 

"Forum ini digelar untuk mengkaji persepsi, kondisi dan motivasi yang dapat ditanamkan untuk mendorong masyarakat, khususnya generasi muda, agar gemar membaca," ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com.  

Jahja menegaskan bahwa kolaborasi antar berbagai pihak berperan penting dalam menentukan keberhasilan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan budaya gemar membaca di Indonesia. 

"Minat baca bangsa Indonesia yang rendah merupakan masalah serius yang harus segera kita tanggapi bersama karena berhubungan dengan masa depan generasi muda Indonesia kelak di tengah pesatnya informasi dan pengetahuan yang berkembang," tutur Jahja. 

Dalam forum ini BCA menghadirkan beberapa narasumber dari berbagai bidang yang berbeda untuk memahami seberapa penting budaya membaca bagi sebuah bangsa. 

Narasumber yang dihadirkan yakni Kepala Perpustakaan Nasional RI Muh. Syarif Bando, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Tjut Rifameutia Umar Ali, serta Dosen Sosiologi Universitas Indonesia Lucia Ratih Kusumadewi. 

- -

Hadir pula Duta Baca dan presenter "Kick Andy" Andy F. Noya, serta Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunendar.

Melalui forum ini, BCA juga memperkenalkan gerakan  berbagi "Buku untuk Indonesia" untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat berpartisipasi dalam menumbuhkan kembali semangat membaca buku di berbagai pelosok Indonesia.  

BCA menyediakan cara yang sangat mudah bagi masyarakat yang tertarik untuk berpartisipasi pada gerakan berbagi ini. Caranya, kunjungi tautan https://bukuuntukindonesia.com/ lalu klik tombol "Berbagi".

Selanjutnya Anda akan dialihkan ke daftar pilihan paket donasi yang ada, rentangnya mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 350.000. 

- Foto dok. Rio / InfoBCA

Partisipasi Anda nantinya akan dikonversi menjadi buku-buku dan disalurkan kepada anak-anak di berbagai daerah pelosok Indonesia yang minim akses terhadap buku bacaan berkualitas. Sebagai apresiasi, BCA akan memberikan kaos kebaikan. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com