Advertorial

Sebuah “Brand” Diakui karena Rekomendasi dan Inovasi

Kompas.com - 22/03/2017, 19:15 WIB

Bagi sebuah brand, saat ini popularitas tidak lagi menjadi faktor utama untuk meraih kepercayaan konsumen. Rekomendasi dan anjuran dari lingkup masyarakat justru punya peran penting.

Konsumen cenderung lebih mencari tahu mengenai sesuatu yang mereka beli dengan melakukan survei kepada lingkup jaringan mereka, seperti keluarga maupun rekan.

Apa yang membuat sebuah brand laik direkomendasikan? Jawabannya ada pada jenis-jenis produk yang tepat sasaran, alias sesuai dengan kebutuhan konsumennya. Selain itu, faktor seberapa baik service atau pelayanan pun punya kedudukan penting.

Namun, untuk mempertahankan kepercayaan konsumen, sebuah brand tak boleh lupa untuk berinovasi. Sebab tanpa inovasi, sebuah brand bisa saja kalah saing dengan kompetitor-kompetitornya.

Dengan kualitas produk, layanan, serta inovasi, sebuah brand bakal berhasil mendapat pengakuan tak hanya dari konsumen, tetapi juga berbagai ajang penghargaan nasional maupun internasional.

Di industri perbankan misalnya, ada PT Bank Central Asia, Tbk (BCA) yang kerap melakukan inovasi produk dan layanan. Inovasi diciptakan berdasarkan kebutuhan nasabahnya yang terus berubah dan berkembang.

BCA Raih WOW Brand Award 2017

Baru-baru ini, delapan produk dan layanan BCA mendapat penghargaan dari ajang Indonesia WOW Brand Award 2017. Adapun produk dan layanan itu adalah Klik BCA, ATM BCA, m-BCA, Credit Card BCA, KPR BCA, Halo BCA, Tahapan BCA, dan Flazz. Ajang penghargaan tersebut diselenggarakan di Jakarta, Kamis (9/3/2017).

Indonesia WOW Brand Award sendiri merupakan ajang penghargaan yang diinisiasi oleh PT Markplus Indonesia (Markplus, Inc.). Penilaian WOW Brand dilihat dari angka survei yang ditetapkan oleh Markplus, Inc. dengan mengacu pada konsep marketing.

Adapun konsep tersebut menyelaraskan lima aspek utama, yang dikenal sebagai 5A, yakni aware, appeal, ask, act, dan advocate. Dari aspek-aspek tersebut, juri membandingkan antara advocate dengan awareness yang menghasilkan BAR (Brand Advocacy Ratio) dari setiap brand yang telah masuk pada nominasi penghargaan.

Dalam menentukan penerima penghargaan, riset melibatkan 1.350 responden di Jabodetabek, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Padang, Bandung, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Makassar, Manado, Denpasar, dan Jayapura.

Tujuannya, mengetahui customer path berdasarkan Purchase Action Ratio (PAR) and Brand Advocacy Ratio (BAR). Responden dipilih secara acak dan dimintai pendapatnya via telepon terhadap produk/servis yang digunakan atau dibeli selama satu bulan terakhir.

Hasil penilaian menunjukkan produk-produk dan layanan BCA diakui layak dan punya kualitas yang mampu memenuhi beragam kebutuhan konsumen.

 “Karena memang kami merancang produk-produk BCA berdasarkan customer experience untuk dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi nasabah BCA yang memiliki kebutuhan yang beragam,” tutur Head of Halo BCA Wani Sabu usai menerima penghargaan.

BCA mencatat pertumbuhan transaksi yang signifikan dan selalu berupaya menghadirkan produk dan layanan solusi perbankan yang berkualitas bagi nasabah. Kiat utama BCA untuk mengembangkan produk adalah inovasi teknologi yang memungkinkan nasabah bertransaksi secara cepat dan mudah dengan mengutamakan kepuasan, keamanan, serta kenyamanan.

Wani mengatakan, penghargaan ini didedikasikan kepada seluruh nasabah yang telah mempercayakan seluruh kebutuhan perbankannya kepada BCA.

“Kepercayaan yang telah diberikan kepada kami tentu harus kami bayar dengan produk serta layanan perbankan yang berkualitas, mengingat penghargaan yang didapat adalah penghargaan tertinggi,” ujar Wani.

BCA berkomitmen untuk menjadi bank yang selalu melengkapi nasabah. Harapan utamanya, nasabah puas dengan berbagai produk dan layanan yang ditawarkan BCA.

“Sukacita kami semakin bertambah dengan beragam pengakuan yang diberikan melalui penghargaan-penghargaan kepada produk BCA, salah satunya dengan dinobatkannya beberapa produk BCA dalam WOW Brand Award 2017 pada siang hari ini,” tutur Wani.

Video Hari Ibu, Ide Sederhana yang Mengaduk Emosi Pemirsa 

Bukan hanya brand produk dan layanan BCA saja yang mendapatkan pengakuan di ajang ini.  Kampanye untuk Hari Ibu dari BCA juga berhasil meraih penghargaan gold  untuk kampanye terbaik dari yang terbaik untuk kategori digital. 

“Ide dari kampanye hari ibu dari BCA sendiri sebenarnya sangat sederhana dan berhubungan erat dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, biayanya pun sedikit. Namun, hasilnya di luar dugaan dan bisa viral sekali,” ujar Vice President Marketing Communication BCA Duardi Prihandiko. 

“Sebenarnya ada banyak ide yang masuk, Akhirnya, terpilih ide mengenai rasa kangen ibu pada anaknya yang sedang merantau untuk kuliah,” katanya. 

Diangkat dari kisah nyata para penerima beasiswa BCA, yakni mahasiswa dan mahasiswi PPA/PPTI.  Dimana peran para ibu sangat besar dalam kehidupan anak-anak mereka.  Kampanye ini mempertemukan mahasiswa dan mahasiswi yang terpilih dengan orang tua mereka yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.  “Pertemuan antara Ibu dan anak yang tidak mereka duga inilah yang menghadirkan rasa haru yang alami. Anak-anak ini menangis saat bertemu ibunya,” lanjut Duardi. 

Di Youtube video tersebut sudah ditonton sebanyak 237.569 kali dengan Likes & Comments mencapai 201 dan 98% positif. Sedangkan di Facebook video tersebut sudah ditonton sebanyak 532 ribu kali dengan Likes sebanyak 27 ribu, Shares sebanyak 1.496 disertai 304 komentar dan 98% komentar bersifat positif. 

Di akun Xpresi BCA pun, video tersebut mendapat respons terbanyak dengan jumlah likes 85%, lebih banyak dibanding akun BCA lainnya dengan komentar mencapai 55% lebih banyak dan shares 69% lebih banyak. “Hal tersebut memperlihatkan bahwa video Hari Ibu dari sisi emosi dapat diterima dengan sangat baik di kalangan anak muda,” pungkasnya. 

Penasaran seperti apa video kampanyenya? Simak berikut. 

BCA Senantiasa di Sisi Anda

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com