Advertorial

Kiat Pilih Mobil Bekas yang Tepat Buat Masyarakat Suburban

Kompas.com - 23/03/2017, 10:03 WIB

Pertumbuhan perumahan di kawasan suburban, Depok misalnya, meningkat pesat. Dengan berlimpahnya pilihan hunian harga terjangkau, kawasan ini pun banyak dihuni oleh pasangan suami-istri muda dengan satu sampai dua anak.

Meski tinggal di Depok, mayoritas dari mereka tetap bekerja dan beraktivitas di pusat kota Jakarta setiap hari. Itu sebabnya mereka membutuhkan mobil untuk menunjang mobilitas.

Sebagai pasangan yang baru membangun rumah tangga, bujet beli kendaraan mungkin belum seberapa. Dengan bujet seadanya, tentunya mereka tetap menginginkan mobil dengan spesifikasi tinggi dan sesuai kebutuhan. Alhasil, mobil bekas pun jadi pilihan.

Lantas, seperti apa kiat memilih mobil bekas yang pas buat masyarakat suburban? Beberapa hal ini mungkin bisa memandu Anda.

1. Cari spesifikasi mobil yang sesuai kebutuhan

Dalam memilih model atau tipe mobil pastikan dulu apa kebutuhan Anda. Misalnya, Anda butuh mobil yang ramping dan gesit buat menerjang macet saat menuju tempat kerja di pusat kota atau supaya mudah mencari parkir. Berarti, Anda bisa memilih mobil kecil, misalnya model LCGC.

Atau jika kapasitas penumpang di mobil LCGC kurang lega buat mengangkut dua anak dan barang bawaan, maka Anda bisa pilih mobil low MPV. Cek bagian interiornya, seberapa besar ruang kaki atau ruang penyimpanan.

Bursa mobil bekas seperti mobil88 menyediakan banyak stok mobil low MPV atau LCGC buat masyarakat suburban, khususnya pasangan muda. Outlet mobil88 di Depok men-display hingga 70 unit mobil dengan jenis-jenis yang cocok buat masyarakat suburban, seperti LCGC, low MPV, sampai low SUV. Rentang harganya mulai dari Rp 70 jutaan untuk LCGC sampai Rp 150 jutaan untuk MPV.

2. Cek performa mesin

Sudah menentukan mobil incaran? Maka langkah selanjutnya yang tak boleh dilewatkan adalah mengecek performa mesinnya dengan cara menghidupkannya. Bila mudah di-starter, berarti mesin masih bagus.

Selain itu, dengarkan juga suaranya. Bila suara terdengar halus dan tidak kasar, berarti mesinnya baik. Selanjutnya, lakukan tes drive untuk mengecek komponen-komponen yang ada, misalnya kelancaran oper gigi saat kendaraan berjalan.

3. Pastikan kelengkapan surat kendaraan

Jika sudah yakin pada mobil bekas pilihan, maka langkah selanjutnya ialah cek surat-surat kendaraan. Pertama, pastikan STNK dan BPKB mobil ada. Kedua, pastikan STNK dan BPKB mobil tersebut asli. Satu hal lagi yang tak kalah penting, pastikan mobil bekas yang Anda pilih tidak sedang terjerat kasus hukum.

4. Pilih diler yang kredibel

Tak mudah buat konsumen untuk mengecek kesahan dokumen atau memastikan mobil bekas tak terjerat kasus hukum. Itu sebabnya, yang bisa dilakukan konsumen adalah memilih diler yang terpercaya dan kredibel.

mobil88 Depok misalnya, berani menjamin 100 persen bahwa konsumen akan membawa pulang mobil bekas berkualitas.

“Kami menjamin mobil tidak tersangkut kasus hukum. Staf pembelian (mobil bekas) kita juga di-training secara khusus. Mereka terlatih untuk membeli mobil-mobil dengan surat-surat lengkap dan asli. Kami juga beli mobil langsung dari yang punya, bukan makelar. Jadi kami bisa jamin sampai customer kalau mobilnya oke,” tutur Chief Operating Officer mobil88 Halomoan Fischer di Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Bila ternyata mobil tersebut bermasalah, kata Fischer, maka mobil88 memberi garansi buyback 100 persen. “Kalau customer merasa rugi, mobil kami ganti 100 persen. Itu jadi tanggung jawab kami untuk memberi mobil bekas terbaik ke konsumen,” kata Fischer.

Sejak Februari 2017 lalu, outlet mobil88 hadir di Depok, Jawa Barat. Lokasinya di Jl. Margonda Raya No. 121. Dengan kehadiran outlet  ini, masyarakat suburban dari kawasan Depok semakin mudah mengakses bursa mobil bekas yang terpercaya dan kredibel.

mobil88 memastikan stok mobil bekasnya sudah melalui proses quality control (QC). Jadi, tak perlu takut ditipu atau rugi saat membeli mobil second. Kunjungi mobil88 Depok untuk memperoleh mobil bekas dengan kualitas seperti mobil baru. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com