Advertorial

Cara Unik Presiden RI Tingkatkan Minat Baca

Kompas.com - 23/03/2017, 11:30 WIB

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo seringkali menghabiskan waktu liburnya untuk berbelanja buku. Buku-buku yang dibeli tersebut akan dibagikan kepada anak-anak saat ia melakukan kunjungan ke daerah.

Pada Minggu 19 Februari lalu, Presiden Jokowi juga menyempatkan pergi bersama putrinya, Kahiyang Ayu, ke Senayan City Jakarta. Saat menghabiskan waktu liburnya, Presiden Jokowi menyempatkan diri memborong puluhan buku, mulai dari buku cerita tokoh Indonesia seperti Bung Karno dan Bung Hatta, ada juga buku-buku dongeng Rakyat Nusantara.

"Ini mengenai Bung Hatta dan Bung Karno untuk anak SMP. Yang ini mengenai cerita rakyat Nusantara, saya kira perlu untuk oleh-oleh pas ke daerah," kata dia.

Menurut Presiden Jokowi, aktivitas tersebut dilakukannya untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. "Karena kita tahu minat baca rakyat kita itu memang masih tergolong rendah,  perlu didorong lagi sehingga meningkat," ucap dia kala itu.

Seperti diketahui, dalam studi yang dilakukan Central Connecticut State University tahun 2016 lalu, minat baca warga Indonesia memang sangat memprihatinkan. Indonesia berada di urutan ke 60 dari 61 negara yang disurvei, atau hanya satu tingkat di atas Botswana.

Di tengah kesibukannya, Presiden Jokowi mengaku masih menyempatkan diri membaca buku. "Saya suka membaca buku yang ringan-ringan di mobil atau membaca lewat media sosial," ujar Presiden Jokowi. (Adv) 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com