kabar mpr

Ketua MPR RI Kecam Keras Aksi Teror di London

Kompas.com - 24/03/2017, 13:43 WIB

KOMPAS.COM - Aksi tabrak lari dan penikaman yang dilakukan oleh seorang pria di sekitar kawasan Parlemen Inggris di kota London menuai kecaman dari sejumlah pihak termasuk Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan.

"Itu adalah aksi yang sangat biadab, kita sebagai bangsa mengutuk kejadian itu," ujar Zulkifli seusai memberikan ceramah Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan, Kamis (23/03).

Ia menilai aksi teror yang menimbulkan 40 korban luka-luka dan 4 korban jiwa itu merupakan sebuah tindakan keji serta melanggar hak asasi manusia. Mantan Menteri Kehutanan Era Presiden SBY itu juga menyerukan komunitas internasional untuk memerangi segala macam bentuk aksi teror dan kekerasan.

"Saya juga mengucapkan bela sungkawa yang sedalam dalamnya terhadap pihak korban," tutur Zulkifli

Berdasarkan catatan Kompas.com pelaku teror membawa mobilnya dengan kecepatan tinggi dan menabrak siapapun yang ada di depannya. Beberapa pejalan kaki terlindas mobil. Beberapa lainnya terpental hingga jatuh ke sungai Thames.

Tidak berhenti di situ, saat keluar dari mobil, pelaku menghunus sebilah pisau ke orang di sekitarnya kemudian berlari menerobos gerbang menuju New Palace Yard.

Pelaku juga menikam seorang polisi beberapa kali sebelum seorang polisi lain yang mengenakan pakaian preman melesakkan timah panas tepat di bagian dada sebanyak tiga kali.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com