kabar mpr

Sosialisasi Empat Pilar dengan Metode Outbound di Makassar Dibuka

Kompas.com - 25/03/2017, 08:40 WIB

Prof. Dr. Bachtiar Aly, Wakil Ketua Badan Sosialisasi MPR, Jumat sore (24/3/2017), atas nama Pimpinan MPR RI membuka secara resmi Sosialisasi Empat Pilar MPR dengan metode Outbound di Ballroom Lotus Hotel Four Points By Sheraton, Makassar.

Acara pembukaan sosialisasi ditandai pemukulan gong oleh Bachtiar Aly didampingi oleh Anggora MPR Irgan Chairul Mahfiz, dan Anton Sukartono Suratno, serta Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. Dr. H. Musafir, MSi., Rektor Universitas Negeri Makassar. Prof. Dr. Husain Syam, dan pejabat yang mewakili Walikota Makassar.

Sosialisasi Empat Pilar dengan metode Outbound di Makassar ini adalah  untuk pertama kali diselenggarakan oleh MPR di tahun 2017 ini. Tapi, menurut Kepala Biro Persidangan dan Sosialisasi Tugiyana, S.IP., sosialisasi dengan metode outbound adalah lanjutan program sama  yang telah diselengarakan pertama kalinya pada 2012 dengan sasaran mahasiswa.

Untuk sosialisasi dengan metode Outbound di Makassar ini berperan sebagai tuan rumah adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Diikuti 100 peserta/ mahasiswa dari 15 universitas dan perguruan tinggi di Sulawesi Selatan. Dan, peserta paling banyak datang dari UIN Alauddin 20 orang, diikuti Unhas 11 orang, sedangkan perguruan tinggi lainnya berkisar 4 hingga 10 mahasiswa.

Prof. Bachtiar Aly dalam sambutannya menyatakan, penyelenggaraan sosialisasi Empat Pilar adalah suatu upaya untuk memberikan pengertian dan pemahaman tentang kesadaran bernegara dan berbangsa. Oleh karena itu, outbound ini tidak lain untuk lebih memperkuat interaksi di antara peserta, tapi juga ada sentuhan nilai-nilai masyarakat. "Maka dengan demikian kegitan ini membumi," ujar Ketua Fraksi Nasdem di MPR ini.

Jadi, kata Bachtiar Aly, Sosialisasi Empat Pilar MPR RI memiliki peranan sangat penting bagi perjalanan bangsa Indonesia sejak pra kemerdekaan, dalam konteks kekinian mau pun di masa akan datang. Oleh karena itu pemahaman Empat Pilar MPR harus terus digelorakan, terutama kepada generasi muda dan mahasiswa.

Bachtiar Aly menyatakan bahwa sosialisasi Empat Pilar ini sudah dilakukan di seluruh Indonesia dengan berbagai metode. "Kita sangat yakin, tentunya tidak bisa pernah cukup, karena negara kita begitu luas.  Tapi, minimal menghampiri kelompok-kelompok strategis, kelompok-kelompok kunci  masa depan, yaitu generasi muda," ujar Bachtiar Aly.

Lebih lanjut Bachtiar Aly menyatakan, akhir-akhir ini kita membaca berita tentang teror di Parlemen Inggris. Pertistiwa itu, memurut Bachtiar Aly, akan menumbuhkan kesadaran kolektif kita apapun sebagai warga bangsa harus tetap solid. 

Nah, sosialisasi Empat Pilar MPR ini adalah sebagai upaya MPR untuk menyadarkan warga bangsa agar memahami jati dirinya.

Usai dibukan sore harinya, malam hari, Jumat (24/3/2017) dilanjutkan penyampaian materi sesi I.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com