Advertorial

Cara Ini Dinilai Ampuh Tingkatkan Minat Baca

Kompas.com - 25/03/2017, 11:30 WIB

Buku adalah jendela dunia. Membaca adalah salah satu cara untuk membuka jendela tersebut.

Sayangnya, aktivitas membaca di Indonesia masih sangat rendah. Tingkat minat baca di Indonesia hanya mencapai 0,001 persen.

Artinya, hanya satu orang dari 1.000 penduduk Indonesia yang memiliki minat baca. Hal tersebut terungkap dalam survei yang dilakukan United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) di 2016.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca. Dekan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Tjut Rifameutia Umar Ali mengungkapkan, kebiasaan membacakan bucu cerita kepada anak sebelum mereka tidur bisa menjadi salah satu cara meningkatkan minat baca.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat, karena mendorong rasa ingin tahu yang berdampak meningkatkan minat baca anak sejak usia dini," kata dia dalam acara Kafe BCA V. Diskusi dengan tema “Membaca dari Generasi ke Generasi” digelar BCA pada Rabu (15/03/2017) bertempat di Menara BCA.

Dosen Sosiologi Universitas Indonesia Lucia Ratih Kusumadewi menambahkan, untuk dapat meningkatkan kebiasaan membaca di Indonesia, perlu terlebih dahulu menanamkan persepsi, ketertarikan, dan kesadaran generasi muda akan manfaat membaca buku sebagai jendela dunia dan inspirasi kehidupan. Karena, kesadaran generasi muda akan manfaat membaca buku di Indonesia masih rendah.

Sebagai informasi, Kafe BCA kali ini juga menghadirkan Kepala Perpustakaan Nasional RI Muh. Syarif Bando, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dadang Sunendar, Duta Baca dan Presenter “Kick Andy” Metro TV Andy F. Noya, serta Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di Menara BCA.

Jahja berharap Kafe BCA V ini dapat bermanfaat dan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kolaborasi berbagai pihak untuk dapat menumbuhkan budaya membaca di Indonesia.

"Minat baca bangsa Indonesia yang rendah merupakan masalah serius yang harus segera kita tanggapi bersama karena berhubungan dengan masa depan generasi muda Indonesia kelak di tengah pesatnya informasi dan pengetahuan yang berkembang dewasa ini,” pungkas Jahja.

Bertepatan dengan acara ini, BCA juga meluncurkan gerakan berbagi “Buku untuk Indonesia”.  Informasi lebih lanjut mengenai gerakan ini dan untuk ikut dalam aksi perubahan ini, Sahabat Prioritas bisa mengunjungi www.bukuuntukindonesia.com. (Adv)

Sumber : Website BCA Prioritas

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com