Advertorial

Kini Tak Ada Halangan bagi Wanita untuk Jadi Pilot

Kompas.com - 26/03/2017, 15:00 WIB

Jika selama ini profesi pilot identik dengan pria, sekarang sudah sedikit berubah. Banyak diberitakan bahwa di beberapa maskapai penerbangan baik nasional atau pun internasional, terdapat pilot-pilot cantik.

Dalam masalah kinerja, baik pria dan wanita tidak memiliki perbedaan, mereka sama-sama bekerja dengan baik. Namun, pilot wanita sedikit lebih teliti ketika bekerja.

“Tentunya ada keunggulan secara alamiah. Pilot perempuan lebih rapi, teliti. Akan tetapi profesi pilot sudah ada standar operasionalnya, baik laki-laki dan perempuan tak ada bedanya,” ujar Dendy Kurniawan, Direktur Eksekutif Grup AirAsia Indonesia.

Di maskapai tersebut, kini sudah terdapat 10 pilot wanita. Dua di antara 10 pilot wanita tersebut bahkan sudah menjabat sebagai captain.

Menurut Dendy, secara presentase pilot wanita belum sebanyak pilot pria, tetapi trennya terus bertambah. Ia pun tidak menargetkan jumlah kebutuhan akan pilot wanita.

Sikap terbuka untuk menerima pilot wanita pun dilakukan oleh maskapai tersebut. “Kami biarkan tumbuh alami saja. Tak ada perbedaan jenis kelamin. Namun, kami sangat senang jika ada wanita yang mau daftar jadi pilot,” kata Dendy. (Adv) 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com