Advertorial

Waspada SIM Swap, Penjahat Bisa Akses Akun Perbankan Lewat Nomor Ponsel

Kompas.com - 28/03/2017, 09:11 WIB

Bank Indonesia (BI) mencatat pada bulan April 2016 ada 16.896.126 kartu kredit beredar di Indonesia. Namun pemegang kartu kredit mesti waspada, sebab ada kejahatan yang mengintai para pemiliknya (cardholder).

Salah satu kejahatan itu adalah SIM Swap. Pada modus ini, oknum penjahat melakukan pengambilalihan nomor ponsel (SIM card) untuk mengakses akun perbankan korban.

Sebelumnya, penjahat akan mengumpulkan informasi perbankan milik korban terlebih dahulu, kemudian melakukan penggantian kartu SIM baru dengan cara mendatangi gerai operator seluler atau melakukan penggantian via SMS.

Setelah verifikasi berhasil dilakukan oleh operator seluler, maka kartu SIM baru akan aktif. Kartu SIM baru ini merupakan pengganti dari kartu SIM asli yang masih berada di tangan pemilik sah.

Selanjutnya operator seluler akan menonaktifkan kartu SIM lama, lalu mengaktifkan kartu SIM baru pengganti. Kartu baru tersebut kemudian dipegang oleh penjahat.

Dengan begitu, penjahat bisa melakukan transaksi perbankan pada kartu SIM baru dan melakukan transaksi keuangan tanpa sepengetahuan korban.

Jadi, berhati-hatilah dalam memberikan informasi pada seseorang. Sebaiknya biasakan untuk menjaga kerahasiaan data diri agar tidak menjadi korban.

Sumber: Waspada, Penjahat Bisa Pakai Nomor Ponselmu untuk Akses Akun Perbankanmu, smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com