Advertorial

Ini Salah Satu Upaya BCA untuk Jadikan Indonesia Lebih Baik

Kompas.com - 30/03/2017, 09:23 WIB

Ada yang tampak berbeda dari acara car free day (CFD) pada Minggu (26/3/2017) lalu. Sebab, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) turut memeriahkan pelaksaan acara CFD dengan mengadakan sosialisasi bertajuk Gerakan Berbagi #BukuUntukIndonesia.

Ada sejumlah aktivitas seru yang telah dipersiapkan untuk menambah kemeriahan acara, yaitu olahraga zumba, flash mob, stand up comedy, dan permainan seru bernama Reporter Wannabe. Selain itu, BCA juga mengadakan sesi talkshow yang dihadiri oleh Duta Baca Indonesia periode 2011-2015 sekaligus presenter kondang Andy F. Noya dan juga Giring Ganesha sebagai narasumber.

Gerakan yang diusung oleh BCA ini merupakan bagian dari rangkaian acara ulang tahun BCA yang ke-60. Melalui gerakan ini, BCA ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut berperan serta dengan cara mendonasikan sejumlah uang yang nantinya akan dikonversi menjadi buku bacaan. Sebaliknya, BCA akan memberikan hadiah eksklusif berupa Kaos Kebaikan untuk setiap penyumbang.

Sesuai dengan nama acara, buku-buku tersebut nantinya akan disalurkan ke seluruh penjuru Tanah Air, termasuk daerah-daerah terpencil. Dengan begitu, upaya tersebut dapat memperluas akses terhadap buku serta meningkatkan minat baca, mengingat popularitas buku sudah semakin pudar dan mulai tergantikan oleh gadget.

“Merasa beruntung tinggal di kota besar seperti Jakarta, membuat saya ingin juga ikut serta memberikan pengalaman yang sama pada adik-adik yang tidak seberuntung saya. Walaupun hanya sebagian kecil semoga dapat memberikan efek yang besar. Saya berharap acara ini dapat dilakukan rutin setiap tahun,” ujar Andy.

Perpustakaan keliling yang terletak di dekat panggung acara pun ramai di datangi sejumlah peserta cilik yang ingin membaca buku. Salah satu peserta cilik bernama Dafa (12) mengaku gemar membaca buku, terutama buku seputar otomotif. Anak laki-laki yang bercita-cita menjadi arsitek tersebut merasa senang karena ia bisa menemukan buku sejarah mengenai mobil.

“Baru pertama kali baca buku di perpustakaan keliling. Beberapa buku yang aku suka ada disini. Aku jadi tahu sejarah di balik mobil, kereta api, dan jenis transportasi lainnya,” kata Dafa usai membaca.

Direktur Bank BCA Santoso berharap, seluruh karyawan BCA maupun masyarakat bersedia untuk ikut serta dalam upaya memajukan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan. Ia percaya bahwa pendidikan merupakan salah satu kunci untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih baik lagi.

“Penyediaan buku-buku bagi anak-anak menjadi hal yang sangat penting. Untuk itu, kami ingin sekali mengajak nasabah juga masyarakat di Indonesia untuk bisa memberikan perhatian kepada anak-anak yang mungkin tidak mendapat kesempatan membaca buku. Buku adalah hal penting, mengingat banyak wawasan serta pengetahuan yang didapat dari buku,” tutup Santoso.

BCA Senantiasa di Sisi Anda.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com