Advertorial

Kerja Sama Republik Ceko dan PT PJB, Harapkan Keuntungan Dua Belah Pihak

Kompas.com - 30/03/2017, 10:12 WIB

Pengembangan di bidang energi terus dilakukan oleh Indonesia. Salah satunya adalah PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) yang melakukan penjajagan kerja sama dengan salah satu perusahaan dari Republik Ceko, Doosan Skoda Power.

Pada tahap awal, Delegasi Doosan Skoda Power didampingi Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek melakukan diskusi langsung dengan Direksi PT PJB, Selasa (29/03/2017) di Surabaya. Dalam pertemuan tersebut, membahas potensi kedua perusahaan yang dapat dilanjutkan dalam bentuk kerja sama.

Menurut Ivan Hotel, banyak potensi di bidang energi yang dapat menjadi bentuk kerja sama antara Ceko dengan Indonesia. Tujuannya mengunjungi PT PJB kali ini merupakan untuk menjembatani diskusi profesional antara perusahaan di kedua negara.

Doosan Skoda Power merupakan produsen dan pemasok peralatan pembangkit listrik, khususnya turbin. Hal tersebut berkaitan erat dengan PT PJB yang bergerak dalam bidang pembangkit gas turbin,terutama dalam pengembangan green energy.

Kunjungan dan penjajagan kerja sama tersebut disambut baik oleh Direktur Utama PT PJB Iwan Agung Firstantara. Iwan memaparkan profil dan sejumlah tantangan yang dihadapi PJB dalam bisnis ketenagalistikan.

Salah satu yang dibahas adalah bagaimana meningkatkan efisiensi pembangkit gas turbin. Iwan pun berharap agar dalam waktu dekat bisa dilakukan diskusi lebih spesifik untuk membahas solusi dan kemungkinan kerja sama lebih lanjut.

Direksi PT PJB menerima kedatangan delegasi dari Republik Ceko, Selasa (29/03/2017).

Doosan Skoda Power menawarkan kerja sama di bidang pemeliharaan, analisa, teknologi, dan retrofit, dan upgrade pembangkit, serta penyediaan komponen pembangkit. Perusahaan yang telah berpengalaman membuat turbin gas sejak tahun 1904 ini diwakili oleh Doosan Skoda Power Director of Service Mr Stanislav Snedar, Doosan Skoda Power Sales for Asia Mr Adam Bayer, dan  Doosan Skoda Power Representative Mr Josef Rysavy.

Hasil pertemuan tersebut menurut Ivan Hotek akan segera disampaikan kepada Menteri ESDM Ignatius Jonan untuk mendapatkan gambaran bagaimana pengelolaan pembangkit di lingkungan PT PJB. Dalam kesempatan tersebut, para  delegasi juga mengunjungi Unit Pembangkitan Gresik. Diharapkan dengan adanya kerja sama tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak ke depannya. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com