Advertorial

Bikin Kampanye Pemasaran yang Efektif, Ini Strateginya (Bagian 2)

Kompas.com - 30/03/2017, 19:36 WIB

Untuk mencapai kampanye pemasaran yang efektif, sebuah brand atau merek harus menjadi “manusia”. Dengan menjadi “manusia” sebuah merek pun bakal punya daya tarik bagi manusia sebenarnya, alias konsumen.

Untuk menjadi “manusia” sebuah merek sebaiknya memperhatikan beberapa hal ini. Pertama, fisikalitas. Seseorang yang punya penampilan menarik atau kemampuan membawa diri dengan baik pasti menarik orang-orang sekitarnya. Demikian pula merek. Daya tarik fisik penting bagi merek.

Kedua, intelektualitas. Terkait pengetahuan manusia, kemampuan berpikir, dan kemampuan menyampaikan ide, intelektualitas sangat dekat dengan kemampuan memprediksi masa depan dan berinovasi.

Artinya, sebuah merek pun perlu memiliki intelektualitas yang kuat sehingga mampu berinovasi dan bisa memecahkan masalah-masalah pelanggannya.

Ketiga, sosiabilitas. Orang yang punya sosiabilitas tinggi biasanya tampil gaul dengan banyak orang dari berbagai latar. Ia punya kemampuan komunikasi yang baik secara verbal maupun nonverbal.

Begitu pula dengan merek. Sebuah merek tak boleh takut membangun percakapan dengan pelanggan.

Keempat, emosionalitas. Orang yang mampu mengelola emosi dengan baik biasanya diterima di banyak kalangan.

Ia menjadi sosok menyenangkan. Seperti manusia, merek juga mesti bisa menunjukkan emosinya. Merek bisa memberi inspirasi sekaligus menunjukkan sisi humornya.

Kelima, kepribadian. Orang dengan kepribadian kuat menarik bagi orang sekitarnya. Orang ini mampu memotivasi diri sendiri, punya prinsip, memegang nilai-nilai, dan kepemimpinan. Demikian pula merek. Merek dituntut punya kepribadian dan identitas yang kuat, yang membuat ia dikenal pelanggannya.

Keenam, moralitas. Moralitas mengacu pada sikap etik dan integritas seseorang. Orang ini mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk secara moral. Begitu pula dengan merek, harus punya moralitas kuat dalam memegang nilai-nilai, khususnya dalam bisnis.

Sumber: Strategi Bikin Kampanye Pemasaran Jadi Efektif (Bagian 2), smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com