Advertorial

Coba 4 Produk Investasi Ini untuk Biaya Pendidikan Anak

Kompas.com - 31/03/2017, 09:39 WIB

Biaya pendidikan terus meningkat setiap tahun. Kenaikannya bisa mencapai 20 persen. Para orangtua mesti bersiap-siap, sebab inilah pengeluaran paling besar yang akan Anda hadapi.

Persiapan harus dilakukan sejak dini. Saking besarnya biaya pendidikan, tabungan Anda mungkin tak cukup bisa diandalkan. Jika demikian keadaannya, maka Anda harus mencari alternatif keuangan lainnya, misalnya investasi.

Ada 4 produk investasi yang bisa Anda coba untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak.

Reksa dana

Reksa dana merupakan sebuah wadah investasi kolektif untuk saham, obligasi, atau pasar uang. Reksa dana dikelola oleh pihak ketiga, yaitu manajer investasi.

Produk investasi ini biasanya dibedakan berdasarkan jangka waktu dan tingkat risikonya.

Saat berinvestasi untuk biaya pendidikan, maka jangka waktu yang digunakan berkisar antara 3 sampai 6 tahun.  Jika Anda memilih produk reksa dana untuk investasi biaya pendidikan, maka pilih yang risikonya rendah dan jangka waktunya singkat.

Lantas, jenis reksa dana mana yang bisa digunakan untuk investasi biaya pendidikan? Cobalah reksa dana pasar uang. Jenis ini dinilai memiliki risiko rendah, karena penempatan dana investasinya akan memilih media pasar uang yang relatif lebih stabil, seperti deposito dan surat utang.

Tenor reksa dana pasar uang tergantung kebutuhan, mulai dari 1-3 tahun dan ini bisa jadi pilihan tepat.

Sementara reksa dana campuran punya risiko yang lebih tinggi dari reksa dana pasar uang, namun tidak masalah karena imbal baliknya juga akan menjadi lebih tinggi. Reksa dana jenis ini mencampurkan antara instrumen obligasi dan saham.

Logam Mulia

Yang dimaksud di sini adalah investasi emas. Ya, emas memang punya nilai investasi yang menguntungkan. Investasi logam mulia bisa digunakan untuk memnuhi kebutuhan jangka menengah sampai panjang, yakni 3 sampai 5 tahun.

Deposito

Sistem pada produk investasi ini adalah menabung sejumlah uang dan Anda tidak bisa menariknya sampai jangka waktu tertentu. Nantinya akan ada bunga yang Anda dapatkan pada akhir periode. Biasanya, bunganya berkisar antara 6 sampai 8 persen per tahun.

Tabungan pendidikan berjangka

Jenis tabungan ini menawarkan suku bunga lebih tinggi dari tabungan biasa. Anda bisa mendapatkannya di berbagai bank di Indonesia.

Sumber: Siapkan Biaya Pendidikan Anak Sejak Dini, smart-money.co. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com