Advertorial

Ide Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Kompas.com - 02/04/2017, 15:00 WIB

Banyak ibu rumah tangga mulai mengambil langkah untuk menambah keuangan keluarga. Namun mereka juga harus mempertimbangkan banyak hal, di antaranya waktu dan tenaga untuk mengurus anak. Mereka ingin bekerja tanpa harus meninggalkan anak.

Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan menjalankan bisnis atau pekerjan yang bisa dikelola dari rumah. Nah, berikut ini ada 4 ide bisnis yang dapat ibu rumah tangga jalankan dari rumah tanpa harus meninggalkan anak:

Kuliner

Jika punya kemampuan memasak, kenapa tak mencoba terjun ke bisnis kuliner? Mulailah dari menerima pesanan dari teman-teman terdekat, misalnya pesanan kue untuk acara arisan. Sambil bikin kue atau memasak, ibu masih tetap punya waktu untuk memantau pertumbuhan anak.

Blog Affiliate

Manfaatkan hobi menulis Anda untuk menambah penghasilan. Sekarang, profesi blogger bisa sangat menjanjikan. Bila konten blog Anda bagus, maka followers pun berdatangan, dan uang pun mengikuti.

Saat ini sejumlah e-commerce di Indonesia banyak mengadakan program afiliasi yang memungkinkan Anda mendapat penghasilan tambahan dari sebuah blog. Cara kerjanya cukup mudah dan bisa dikerjakan dari rumah. Anda hanya perlu memiliki sebuah blog, kemudian bergabung dengan program afiliasi dan memasang baner atau link ke produk yang dijual.

Nantinya jika pengunjung yang berasal dari blog kamu melakukan transaksi di e-commerce yang bersangkutan, maka kamu akan mendapatkan komisi penjualan.

Online Shop

Membuka toko online bisa sangat menguntungkan. Sebab, Anda tak perlu keluar modal banyak untuk membuat toko fisik. Soal promosi, Anda cukup memanfaatkan media sosial, seperti Twitter, Facebook, atau Instagram.

Untuk barang yang Anda jual, Anda tak perlu membelinya langsung. Karena banyak online shop partai besar yang menerapkan sistem dropship atau reseller, yang nantinya barang yang dipesan bisa dikirimkan langsung ke pelanggan Anda. Jadi, Anda hanya sebagai perantara penjualan dan menerima komisi penjualan sesuai kesepakatan.

Freelancer

Bisa desain grafis, desain interior, atau menerjemahkan bahasa? Cobalah mencari pekerjaan paruh waktu untuk proyek-proyek yang membutuhkan kemampuan Anda. Dengan menjadi freelancer, Anda bisa mengatur waktu kerja sehingga kebersamaan dengan keluarga tetap terjaga.

Namun sebelum memutuskan untuk menjalankan pekerjaan atau bisnis di atas, pastikan jika Anda bisa bekerja secara profesional agar tidak mengecewakan para calon pelanggan. Selamat mencoba.

Sumber: smart-money.co

(Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com