Advertorial

Dari Hobi Memasak, Sutradara Ini Jadi Pengusaha Nasi Pedas

Kompas.com - 04/04/2017, 11:07 WIB

Nama Lola Amaria mungkin sudah tidak asing lagi sebagai seorang aktris dan juga sutradara. Tetapi, mungkin tidak banyak yang tahu ternyata ia juga menggeluti bisnis di bidang kuliner dengan produknya Restoran Nasi Pedas Lola.

Berangkat dari hobi memasak, Lola akhirnya terjun menjajal usaha kuliner di Jalan Cipete Raya No 8, Jakarta Selatan. Bagi Lola, langkah tersebut bukan sekadar coba-coba atau latah. Restoran yang menyajikan menu khas makanan nusantara ini sudah genap satu tahun berjalan pada Februari 2017 kemarin.

“Saya suka makan makanan enak dan hobi memasak,” jelasnya.

Tidak cukup hanya dengan modal bisa masak

Ternyata modal hanya bisa memasak saja belum menjamin seseorang mampu mengelola bisnis rumah makan, apalagi sekadar menyalurkan hobi. Menurut Lola, untuk terjun ke bisnis ini butuh perencanaan matang dan investasi yang tidak sedikit.

Selain itu seorang pengusaha kuliner juga harus akurat dalam menentukan pangsa pasar dan jenis menu yang ditawarkan.

“Belum lagi merekrut dan mengurus karyawan, memastikan ketersediaan bahan baku, hingga membuat strategi pemasaran dan promosi. Investasinya besar dan harus kembali,” ujarnya.

Lola sendiri sebelum membuka rumah makan itu pada 25 Februari 2016 lalu ternyata membutuhkan waktu hampir setahun untuk mulai dari menyusun perencanaan bisnis, tes menu, survei tempat,  dan membidik segmen pasar.

Bersyukur, jumlah pengunjung saat ini sudah melampaui target. Pendapatan pun bergerak positif dan bisa menutupi biaya operasional dan menggaji 30 karyawan.

“Untuk balik modal investasi targetnya paling cepat dua atau tiga tahun,” ujar wanita kelahiran 30 Juli 1977 itu.

Di awal beroperasi, Lola mengaku mencurahkan 100 persen tenaga dan pikirannya untuk memastikan menu yang akan dihidangkan sesuai hasil kreasinya. Dari sisi rasa, masakan harus konsisten.

“Saya merekrut tiga koki. Saya arahkan mereka cara memasak, memasukan bawang sebelum atau sesudah dimasak saja pasti akan beda cita rasanya,” katanya.

Guna menghasilkan menu dan komposisi rempah yang pas, Lola juga tekun bereksperimen. Ia membuat resep-resep baru masakan lokal dengan campuran rempah-rempah. Hasilnya, para pecinta nasi dan makanan pedas rempah asli Indonesia bisa memuaskan selera di restoran ini.

Tidak hanya dari sisi makanan, suasana resto juga dibuat serasa di rumah sendiri dengan aksen kayu dan bambu sehingga terasa nyaman. Hidangan resto ini merupakan percampuran berbagai daerah seperti Medan, Padang, Bali, Sunda, hingga Manado. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com