Advertorial

Menguji Kemampuan Hard Disk Seagate IronWolf Pro 8TB

Kompas.com - 05/04/2017, 08:00 WIB

Semakin majunya teknologi dan data digital, ukuran data yang diproduksi pun semakin besar. Dan tentu saja media penyimpanan yang dibutuhkan juga semakin besar.

Komputer seri hi-end sekarang rata-rata sudah menyediakan perangkat hard disk dengan kapasitas 1TB. Masih ingatkah Anda kalau 10 tahun yang lalu komputer dengan hard disk berukuran 250GB sudah tergolong mewah?

Generasi sekarang mungkin tidak dapat membayangkan kalau komputer itu dulunya hanya dijalankan dengan floppy disk, atau yang lebih dikenal dengan sebutan disket, berkapasitas tidak lebih dari 3MB. Ukuran sebesar itu pada jaman sekarang sudah tidak lagi cukup untuk menyimpan bahkan satu buah foto selfie yang diambil menggunakan kamera handphone.

Begitu juga dengan berbagai data lainnya. Mulai dari data pekerjaan, presentasi, gambar, program, video, ukurannya semakin besar. Tidak heran berbagai pabrikan hard disk terkemuka berlomba-lomba membuat hard disk berukuran besar.

Hard Disk memang identik sebagai tempat penyimpanan. Namun, sebetulnya yang harus diperhatikan bukan hanya itu saja. Kecepatan read and write dari hard disk tersebut juga menentukan kecepatan Anda untuk menyimpan dan menyalin data, membuka program, bahkan memulai operating sistem.

Semakin buruk kemampuan read and write dari sebuah hard disk maka akan komputer Anda juga akan semakin “lemot”.

Seagate IronWolf Pro 8TB

Kali ini Kompas.com mendapatkan  kesempatan untuk mencoba produk hard disk dari Seagate, yaitu IronWolf Pro dengan kapasitas 8TB dengan QNAP NAS Drive. Seri “serigala besi” yang diklaim sebagai pemimpin dalam gerombolannya ini secara peruntukannya memang lebih ditargetkan untuk sistem network-attached storage (NAS), atau penyimpan yang terpasang ke pusat jaringan bisnis.

Dengan kecepatan, kelincahan, dan ukurannya sangat besar, hard disk ini dibuat dengan tujuan untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan dan profesional di bidang kreatif dalam mengatur lalu lintas data berharga yang sangat besar, sekaligus dapat digunakan backup data dari beberapa komputer.

Spesifikasi

Berdasarkah buku manualnya, spesifikasi IronWolf Pro 8TB ini adalah hard disk tipe internal (3,5 inci) dengan antar muka SATA berkapasitas 8TB. Untuk pilihan kapasitasnya sendiri IronWolf Pro tersedia dari kapasitas 2TB hingga 10TB. Kecepatan putarannya adalah 7.200 rpm dengan cahce sebesar 256MB. IronWolf Pro dapat digunakan dalam sistem 1 hingga 16 bay NAS.

Sedangkan fitur-fitur lainnya yang dijanjikan adalah teknologi AgileArray. AgileArray ini adalah set dari hardware, firmware, dan softawe dari Seagate yang fokus kepada performa, kehandalan, dan manajemen daya.

Teknologi AgileArray tersebut mulai dari 24x7 continuous operation sehingga dapat selalu nyala dan diakses kapan pun, workload rate sampai 300TB per tahun, error recovery control yang mencegah RAID drop off dan mempercepat data retries, RV Sensors yang memberikan performa konsisten ketika banyak yang mengakses data dengan mengurangi getaran dalam lingkungan multi-bay, hingga NAS Power Management yang membuat konsumsi daya listrik yang rendah.

Garansi yang diberikan adalah lima tahun yang disertai fitur Seagate Rescue Data Recovery selama dua tahun.

Seagate Rescue Data Recovery adalah layanan dari Seagate untuk membantu Anda memulihkan data yang hilang karena kerusakan perangkatbaik yang disebabkan karena kesalahan, kecelakaan, bahkan bencana alam. Rasio suksesnya adalah 90 persen.

Performa

-

Menggunakan aplikasi DiskMark, Kompas.com mencoba kecepatan read and write dari IronWolf 8TB ini. Hasil yang didapatkan adalah rata-rata kecepatan write nya-sebesar 115,80 MB/s dan rata-rata kecepatan read-nya sebesar 156,86 MB/s.

Kemudian menggunakan aplikasi CrystalDiskInfo, health status dari IronWolf 8TB ini dinyatakan baik. Nilai dari atribut yang di tes pun keseluruhannya berada di atas batasan nilai.

-

Tes transfer data

Dalam uji coba kali ini, Kompas.com akan melakukan tes dengan melakukan pemindahan data ke hard disk IronWolf Pro 8TB yang dipasang sebagai Disk 1 dengan status primary partition (drive letter G) yang langsung disambungkan ke motherboard. Tidak hanya itu, hard disk tes transfer data ini juga  pada IronWolf Pro 8TB pada NAS yang dihubungkan ke komputer melalui kabel ethernet (drive letter Z).

Data yang dipindahkan sebesar 158GB yang terdiri dari 34.581 file dan 3.427 folder. Data tersebut dipindahkan dari Disk 0 dengan status primary partition (drive letter F).

 

Hasilnya? waktu yang dibutuhkan oleh IronWolf Pro 8TB pada drive F untuk menulis data sebanyak itu hanya sekitar 30 menit saja. Kecepatan rata-ratanya pun berada di angka 76 MB/s. Sedangkan ketika tes dilakukan ke Seagate IronWolf Pro pada drive Z, waktu yang dibutuhkan memang sedikit lebih lama tetapi hanya berbeda sekitar 10 menit. Rata-rata kecepatannya pun berada di angka 60 MB/s.

Namun ketika data tersebut dipindahkan kembali ke drive F. Waktu yang dibutuhkan ternyata hampir dua kali lebih lama, yaitu sekitar 55 menit kecepatan rata-ratanya berada di angka 45 MB/s. Yang menarik di sini adalah, spesifikasi hard disk pada drive F sama-sama memiliki kecepatan putaran 7.200 rpm. Namun, cache-nya memang lebih kecil, yaitu 16MB.

Kesimpulan

Hard disk Seagate IronWolf Pro 8TB ini sangat baik sebagai media penyimpanan data (server), khususnya media penyimpan yang terpasang ke jaringan (NAS). Karena bukan hanya sekedar kapasitasnya yang besar dan kecepatan read and write-nya saja, tetapi teknologi AgileArray-nya seperti 24x7 continuous operation menjamin server ini dapat terus menyala dan dapat diakses kapan pun.

Workload rate­-nya yangsangat besar sampai 300TB membuat pengguna tidak perlu khawatir untuk menyimpan, menyalin, dan menghapus data terus menerus tanpa takut mempercepat umur penggunaan hard disk tersebut. Error recovery control danRV Sensors-nya juga membuat fungsinya sebagai media penyimpanan yang selalu diakses oleh banyak pengguna menjadi lebih baik.

Tetapi dari itu semua, hal yang memberikan nilai tambah paling besar adalah fitur Seagate Rescue Data Recovery-nya. Untuk Anda yang menghargai pentingnya data, kehilangan data tersebut adalah malapetaka. Wajar saja bila hard disk Seagate IronWolf Pro, saat ini, diklaim sebagai HDD dengan level performa tertinggi di kelasnya.

-

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com