Advertorial

Pelajaran untuk Para Pengusaha dari Walt Disney

Kompas.com - 07/04/2017, 17:39 WIB

Pelajaran tentunya bisa kamu dapatkan dari mana saja. Tetapi pelajaran dari Walt Disney ini akan memberikan warna yang berbeda bagi para pengusaha. Penasaran pelajaran apa saja itu?

Ketabahan adalah sahabat seorang entrepreneur

Walt Disney pernah dipecat dari pekerjaan pertamanya di sebuah media cetak karena dianggap tidak kreatif dan inovatif. Tapi Disney terus bekerja keras, dan karenanya ia mendapat hasil yang jauh lebih baik dari perkiraan orang.

Ubah sikapmu dalam menghadapi kegagalan

Salah satu kegagalan terbesar Walt Disney adalah ia pernah kehilangan segalanya. Mulai dari studio, animator dan karakter ciptaannya yaitu Oswald the Lucky Rabbit. Tapi dari kegagalan tersebut, ia bangkit dan berhasil menciptakan salah satu karakter paling dicintai, yakni Mickey Mouse.

Percaya pada diri sendiri

Sepanjang karier Walt Disney ide-idenya selalu ditentang. Contohnya, ada orang yang pernah mengatakan bahwa Mickey Mouse adalah ide yang buruk karena tikus membuat anak perempuan takut.

Tapi Disney memiliki keyakinan kuat dalam dirinya dan itu penting.


Jangan pernah puas dengan kesuksesan awal

Setelah membuat Mickey Mouse, Disney tak berhenti di situ, ia melanjutkan dengan menciptakan Minnie Mouse, Donald Duck, dan karakter lainnya. Disney juga tidak pernah berhenti dengan hanya satu desain Mickey Mouse.

Ia terus mendesain ulang karakternya sehingga menjadi lebih baik lagi.

Melawan risiko

Mendirikan Disneyland adalah sebuah pertaruhan besar dalam sejarah bisnis Amerika Serikat pada 1955. Di saat Walt Disney sedang berjuang keras, keluarganya memohon dia untuk menyerah saja.

Namun, hari ini Disneyland berhasil mencetak miliaran dolar dan menarik jutaan pengunjung tiap tahunnya.

“If you can dream it, you can do it. Always remember that this whole thing was started with a dream and a mouse.” – Walt Disney.

(Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com