Advertorial

Rahasia Sekolah Balet Namarina Miliki Ribuan Siswa (Bagian 2)

Kompas.com - 07/04/2017, 17:48 WIB

Maya menilai, perkembangan Namarina selaras dengan dukungan PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Baginya, layanan BCA melebihi bank lain.

“Layanan BCA lebih baik. Kalau ada info atau program terbaru, saya diberitahu,” ujar Maya yang sudah menjadi nasabah selama 10 tahun lebih.

Maya yang banyak menggunakan layanan Klik BCA Bisnis dan Mobile Banking itu berharap, agar CSR BCA juga bisa melirik ke bidang seni. Sebab, Indonesia punya banyak sosok seniman yang luar biasa seperti Sherina dan Agnes Monica merupakan contoh lulusan Namarina yang berhasil.

“Untuk artis baru, ada Kimberly Ryder yang sejak kecil belajar balet di Namaria. Artis kawakan pun ada, seperti almarhum Eva Arnaz, Titik Sandora, hingga Muksin Alatas,” katanya.

Awal Masuk Namarina

Maya mulai masuk Namarina pada 1993 ketika sang ibu meninggal. Di sisi lain, saudara Maya ternyata lebih senang dengan bidang lain. Namarina yang kini memiliki lebih dari 2000 murid itu didirikan bukan semata untuk urusan bisnis, juga wujud kecintaan sang ibu pada dunia seni.

Menurut Maya, prinsip manajemen organisasi Namarima dijalankan secara profesional. Struktur organisasi tertata rapi. Maya pun bertekad menguatkan manajemen sekolah agar bisa dijalankan oleh orang yang punya minat dan benar-benar ingin mengembangkan Namarina nantinya.

Begitu masuk, Maya mengaku mengalami kesulitan transisi. Latar pendidikan membuatnya kesulitan melakukan manajemen, dari urusan mengajar, penerimaan murid, iuran, hingga pentas.

“Dulu, ibu mengerjakan semuanya sendiri. Dengan perkembangan zaman, tentu tidak mungkin seperti itu lagi, sekarang mulai administrasi hingga akademik ada masing-masing yang mengurus,“ ucap Maya.

Penerapan manajerial yang lebih rapi juga membuat Namarina secara perlahan berhasil mengembangkan cabang. Dalam dua tahun memimpin, Maya akhirnya membuka cabang di Tebet pada 1995. Kemudian di Grogol dan Bintaro.

(Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com