Advertorial

Ini Kiat untuk Usir Rasa Kantuk di Kantor

Kompas.com - 10/04/2017, 15:41 WIB

Waktu menjelang sore seringkali disebut dengan istilah jam kritis atau injury time oleh pekerja kantoran. Alasannya, pada waktu tersebut rasa kantuk sering tiba-tiba menyergap.

Kelopak mata terasa berat dan tidak berhenti menguap. Sementara selama jam kerja sangat tidak mungkin untuk menyerah pada rasa kantuk dan berbaring untuk tidur. Jika dilihat oleh atasan, bisa menjadi masalah besar.

Rasa mengantuk dan lelah di saat menjelang sore hari biasanya disebabkan oleh kelelahan menatap dokumen pekerjaan atau layar komputer, kurangnya oksigen dalam tubuh, dan pola tidur yang tidak teratur. Untuk melawannya, ikuti beberapa kiat berikut.

  1. Lakukan aktivitas fisik ringan

    Sempatkan diri untuk berjalan kaki ringan. Misalnya dengan pergi ke toilet, naik turun tangga, atau menghampiri meja rekan kerja untuk mengobrol sejenak. Namun ingat, lihat kondisi. Jangan ajak rekan kerja mengobrol jika memang ia sedang sangat sibuk. Anda malah akan kena marah.

  2. Minum air putih

    Rasa mengantuk terjadi karena kurangnya oksigen dan cairan. Oleh karena itu ketika rasa kantuk datang minumlah air putih untuk menyegarkan tubuh. Asupan air putih yang cukup selama jam kerja juga perlu dijaga. Selalu sediakan botol minum berisi air putih dan pastikan Anda minum kurang lebih 2-3 liter air putih sehari.

  3. Dengarkan musik

    Musik bisa membangkitkan mood sehingga rasa kantuk pun lenyap. Tapi jangan lupa gunakan headset agar tidak mengganggu rekan kerja yang lain.

  4. Olahraga secara teratur

    Menurut penelitian, rutin melakukan olahraga bisa mengurangi kelelahan di siang hari dan juga meningkatkan kualitas tidur. Jika sibuk, sempatkan setidaknya 30 menit sehari untuk berolahraga.

  5. Konsumsi cemilan

    Cemilan dapat membangkitkan kembali semangat bekerja dan sekaligus menahan rasa lapar yang datang sebelum waktu makan malam.

-

Banyak pilihan cemilan yang dapat dipilih untuk dikonsumsi saat jam kritis tiba. Salah satunya crepes dari D’Crepes. Bagi Anda yang ingin mencoba berbagai varian dari D’Crepes sebagai cemilan sore hari, saat ini sedang ada promo yang sangat menguntungkan yaitu potongan harga 15 persen.

Caranya menikmati crepes dengan promo ini sangat mudah. Lakukan saja pembayaran menggunakan Sakuku, aplikasi uang elektronik dari BCA. Sakuku dapat diunduh di Google Playstore dan App Store. Selain itu, masih ada juga promo potongan harga 10 persen untuk Anda yang melakukan pembayaran menggunakan Flazz.

Promo ini berlangsung setiap hari  di semua gerai D’Crepes hingga 30 September 2017 mendatang. Bagaimana, tertarik mencoba? 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com