Advertorial

Ingin Menyetrika Mudah dan Nyaman? Simak Tiga Tips Berikut

Kompas.com - 10/04/2017, 18:17 WIB

Menghasilkan pakaian yang licin dengan menyetrika tentu membutuhkan sebuah usaha yang tidak mudah. Benar saja, walaupun sudah menjadi pekerjaan sehari-hari, tidak semua orang menyukai kegiatan tersebut.

Selain hawa panas yang ditimbulkan, pakaian yang kusut tak kunjung mulus dan licin mungkin menjadi alasan Anda malas menyetrika. Namun, ternyata Anda bisa menyetrika mudah, cepat, dan tanpa beban dengan memperhatikan tiga hal berikut.

  1. Ketahui jenis kain
    Sebelum memulai menyetrika, Anda harus mengetahui jenis kain pada pakaian yang akan disetrika. Pisahkan pakaian berdasarkan jenis kainnya. Mulailah menyetrika dengan pakaian yang membutuhkan suhu rendah, seperti sutra, polyester. Kemudian dilanjutkan dengan pakaian yang membutuhkan suhu lebih tinggi, seperti katun dan jeans.

    Supaya kain tidak mengkilap, berikut suhu yang sesuai untuk beberapa jenis bahan pakaian. Linen: Setrika dalam kondisi lembap dan mulailah dari bagian dalam terlebih dulu. Lalu setrika bagian luarnya agar terlihat berkilau, terutama linen damaskus dan yang berwarna cerah. Untuk linen berwarna gelap, hanya setrika bagian dalamnya.
    Katun: Setrika dengan tekanan ringan dan atur dengan suhu panas.
    Sutra: Setrika dalam kondisi sedikit lembap di bagian luarnya dengan suhu paling rendah.
    Wol (dirajut): Setrika dengan membalik pakaian, lalu tekan dalam kondisi kering atau hampir kering di bagian dalamnya dengan suhu sedang.

    Wol (ditenun): Setrika dengan cara menekan dalam kondisi kering di bagian luarnya dengan kain pelapis agar tidak hangus dan gunakan suhu hangat.

    Akrilik: Jika perlu, setrika dengan menekan di bagian dalamnya dengan suhu dingin. Jangan gunakan uap atau kain lembap.

    Nilon atau Poliester: Setrika dalam kondisi kering, di bagian dalam bahan dengan suhu dingin agar tidak mengkilap.

    Namun, supaya tidak salah menentukan jenis kain, sebaiknya perhatikan petunjuk perawatan yang ada pada label pakaian. Tak hanya itu, menentukan jenis kain pada pakaian dan urutan menyetrika juga membuat Anda tidak membuang-buang tenaga di awal. Terbayang, kan jika dari awal Anda sudah kelelahan menyetrika karena beberapa celana jeans?

  2. Gunakan alas setrika

    Tak kalah penting dari jenis kain, alas setrika juga memengaruhi kemudahan menyetrika. Pilih papan dengan lapisan kain dari bahan teflon karena panas yang dihasilkan dari gosokan setrika dan bahan ini akan dapat menghilangkan kerut dengan mudah. Pilihan lainnya adalah pelapis berbahan silikon yang halus.

    Jika tidak memiliki papan setrika, Anda bisa menumpukkan beberapa helai bahan untuk menjadi alasnya. Pastikan tumpukan kain tersebut tebal supaya memudahkan Anda menyetrika. Handuk, seprai, dan baju hangat bisa menjadi alas yang cukup efisien. 

  3. Pilih setrika yang tepat

    Terakhir adalah hal yang paling penting, yaitu memilih setrika yang nyaman. Jika Anda lebih nyaman menggunakan setrika kering, maka pilihlah dengan ujung tapak yang ramping. Hal ini akan memungkinkan untuk menjangkau bagian tersulit, seperti di antara kancing, saat membuat lipatan, dan di sudut-sudut.  Selain itu, gagang yang nyaman dan mudah digenggam juga akan memudahkan saat menyetrika.

    Kedua hal tersebut bisa Anda temukan pada Setrika Kering Klasik Philips yang baru saja menambahkan inovasinya. Salah satunya adalah empat lapisan keramik pada tapaknya, membuat setrika ini menjadi dua kali lebih kuat dibandingkan alas setrika non stick biasa dan tahan lama. Tak hanya itu, tapak setrika Philips juga anti-lengket agar licin di atas semua kain.

    -

    Setrika yang memiliki dua warna, yaitu hitam dan pink fuschia ini sangat ringan. Hal tersebut akan membuat setrika lebih mudah meluncur di atas pakaian dan menghilangkan kusut dengan lebih cepat. Pengontrolan suhu juga mudah dioperasikan dan akurat. Ditambah dengan lampu indikator suhu yang memberi tanda bahwa setrika sudah cukup panas akan selalu tepat untuk menyetrika jenis kain dari pakaian Anda.

    Anda tak perlu repot saat penyimpanan. Setrika ini dilengkapi dengan penggulung kabel yang ada di dudukan tumit setrika agar mudah dan tetap rapi saat disimpan.

Nah, sekarang dengan mudah Anda bisa menyetrika dengan nyaman dan cepat. Tak ada lagi deh drama pakaian kusut karena malas menyetrika. Kini, Anda akan selalu menjaga penampilan keluarga. (Adv)   

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com