Advertorial

Inovasi Bisa Membuat Kinerja Bank Lebih Efisien

Kompas.com - 11/04/2017, 11:25 WIB

Inovasi dan kepercayaan bisa menjadi kunci sukses dalam bisnis apapun. Oleh karena itu penting bagi sebuah perusahaan untuk mulai menumbuhkan semangat inovasi dalam diri karyawan dan membuat sebuah wadah untuk menampung ide-ide inovatif seperti yang dilakukan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Saat ini BCA terus-menerus berupaya menumbuhkan gen inovasi dalam diri setiap karyawannya. BCA memiliki sebuah ajang khusus untuk mencari ide inovasi. Bahkan, bank swasta ini punya agenda tahunan berupa kompetisi untuk ide inovasi terbaik bagi karyawannya melalui ajang BCA Innovation Award.

“Saya memperkirakan perusahaan yang menaruh perhatian lebih pada inovasi bisa menjadi pemenang dalam menghadapi persaingan bisnis di masa mendatang,” ujar Armand W. Hartono, Wakil Presiden Direktur BCA.

Namun, BCA tidak hanya mencari ide segar dan inovatif dari sisi internal saja, tetapi juga menjaringnya dari pihak eksternal. Untuk itu BCA punya cara tersendiri. Salah satunya melalui Financial Technology Hackathon atau disingkat Finhacks.

Finhacks adalah ajang bagi para pengembang peranti lunak untuk berkompetisi menciptakan aplikasi atau teknologi-teknologi baru yang dapat mempermudah aktivitas perbankan. Misi ajang ini adalah mencari ide inovasi segar dari sudut pandang komunitas.

Tahun lalu, dari ajang ini, BCA berhasil mengumpulkan 460 ide dari 180 pengembang. Dari ide yang masuk, ada 5 terbaik. Bahkan, peranti lunak yang menjadi pemenang ajang ini, menjadi cikal ChatBot yang akan diluncurkan di situs BCA.

Armand juga menilai bahwa inovasi mampu membuat kinerja operasional BCA lebih optimal dengan biaya yang kian efisien. “Inovasi dapat membuat kinerja menjadi lebih efisien dengan mengadopsi teknologi,” katanya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com