Advertorial

Kriteria Motor Nyaman Buat Berboncengan Jarak Jauh Bareng Pasangan

Kompas.com - 13/04/2017, 08:00 WIB

Ada sepasang kekasih yang bercerita melalui sebuah video mengenai kebutuhan akan sepeda motor. Mereka menginginkan motor yang tepat digunakan untuk bepergian jarak jauh, baik untuk bekerja maupun kencan pada akhir pekan.

Masalahnya, berboncengan di motor untuk perjalanan jarak jauh seringkali melelahkan. Cuaca yang panas beradu dengan berbagai rintangan di jalan, bikin pengemudi dan penumpang pegal dan jengkel.

Itu sebabnya, sebelum memilih motor yang tepat dan nyaman untuk perjalanan jarak jauh, ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan, di antaranya:

Posisi berkendara yang ergonomis

Pastikan motor memiliki segitiga ergonomi berkendara yang pas. Yang dimaksud dengan segitiga ergonomi adalah setang, jok, dan pijakan kaki. Motor dengan jok lebar berbusa tebal, setang lebar dan enteng digerakkan, serta pijakan kaki yang nyaman patut masuk dalam daftar pilihan.

Jok yang lebar dengan desain sedikit bertingkat di bagian belakang akan lebih baik, sebab tingkatan tersebut cukup mampu menopang tulang ekor pengendara. Desain seperti ini dapat mengurangi rasa pegal atau lelah saat perjalanan jarak jauh.

Pijakan kaki yang lebar bakal bikin kaki terasa nyaman. Kini ada skutik yang mendesain bagian dek-nya bisa digunakan untuk mengubah posisi kaki, misalnya dari ditekuk bisa agak diluruskan.

Suspensi

Suspensi motor juga berpengaruh terhadap kenyamanan pengemudi maupun penumpang. Dalam perjalanan, kerap kali pengendara berbelok atau menikung kendaraan lainnya.

Nah, suspensi yang agak kaku bisa menambah kenyamanan dan keamanan ketika berbelok atau menikung saat berboncengan. Sebab suspensi tersebut dapat menopang bodi sepeda motor dengan stabil dan nyaman.

Mempertimbangkan hal-hal di atas, pasangan ini menjatuhkan pilihan pada motor Yamaha NMAX. Skutik berbodi bongsor ini memiliki semua kriteria di atas, yang dianggap cocok buat berkendara jarak jauh.

Pasangan ini pun memutuskan untuk membeli skutik Yamaha NMAX dan menguji kenyamanannya dengan berkeliling kota saat akhir pekan. Seperti apa pengalaman pasangan kekasih ini merasakan kenyamanan motor Yamaha NMAX? Saksikan ceritanya di video ini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com