Advertorial

Indonesia Peroleh Predikat Layak Investasi

Kompas.com - 13/04/2017, 09:23 WIB

Membaiknya pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali mendapatkan pengakuan dari perusahaan lembaga pemeringkat internasional. Kali ini, Rating and Investment Information, Inc (R&I), lembaga pemeringkat asal Jepang menaikkan peringkat utang Indonesia ke level layak investasi alias investment grade.

R&I memperbaiki Outlook Sovereign Credit Rating Republik Indonesia dari stable menjadi positive, sekaligus mengafirmasi rating pada BBB- (investment grade) pada 5 April 2017. R&I sebelumnya mempertahankan Sovereign Credit Rating Indonesia pada BBB-/stable outlook pada 4 April 2016.

R&I menilai terdapat dua faktor yang mendukung perbaikan outlook Sovereign Credit Rating Indonesia. Pertama, pengelolaan kebijakan moneter dan fiskal yang berfokus kepada stabilitas makroekonomi telah berdampak pada perbaikan posisi eksternal.

Perbaikan itu berupa menurunnya defisit transaksi berjalan, meningkatnya cadangan devisa, dan relatif terjaganya pertumbuhan utang luar negeri swasta, serta terpeliharanya postur fiskal yang ditunjukkan oleh defisit fiskal yang terkendali dan utang pemerintah yang rendah.

Kedua, komitmen pemerintah yang kuat dalam mengimplementasikan reformasi struktural sebagaimana tercermin dari perkembangan deregulasi kebijakan yang dilakukan dalam rangka perbaikan iklim investasi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo mengapresiasi langkah R&I menaikkan peringkat Indonesia. “Dunia internasional kembali mengakui ketahanan perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian perekonomian dan keuangan global," kata Agus.

(Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com