Advertorial

Ingin Tambah Penghasilan? Coba Pekerjaan Sampingan Ini!

Kompas.com - 15/04/2017, 11:38 WIB

Sudah merasa bekerja keras dan menghemat pengeluaran tapi tetap gagal menabung? Memiliki target yang harus direalisasikan seperti menikah atau membeli rumah? Memiliki waktu lebih sehingga merasa perlu lebih dimanfaatkan untuk hal produktif?

Kalau pertanyaan-pertanyaan tersebut ada di benak Anda, mungkin sudah saatnya Anda mencari pekerjaan sampingan. Kemajuan teknologi membuat kesempatan mendapat pekerjaan sampingan makin besar.

Enaknya, perusahaan yang akan mempekerjakan Anda tidak akan terlalu membebani karyawan lepas dengan banyak aturan seperti jam kantor atau waktu kerja. Gaji yang ditawarkan biasanya juga cukup lumayan.

Bingung cara memulainya? Anda bisa mulai dengan mengisi profil LinkedIn secara lengkap dan perbaharui informasi-informasi penting. Banyak tawaran pekerjaan hanya dibuka lewat jalur profesional ini. Anda juga bisa memanfaatkan situs khusus seperti freelancer.com. Lalu, pekerjaan apa saja yang bisa dijalankan secara paruh waktu? Simak berikut.

1. Penulis

Kalau Anda hobi menulis, coba pekerjaan ini. Sebagai penulis lepas, Anda bisa menulis hal-hal ringan seperti pengalaman perjalanan atau yang lebih serius seperti opini.

2. Fotografer

Meski sudah banyak fotografer profesional yang punya banyak alat dan pengalaman, peluang fotografer lepas masih terbuka lebar. Sebagai langkah awal, Anda bisa menawarkan jasa kepada teman yang ingin melakukan foto pranikah. Bisa juga dengan membantu fotografer profesional di suatu sesi pemotretan.

3. Desain Grafis

Jago membuat logo, merancang undangan pernikahan, atau desain majalah? Untuk menyalurkan bakat dan kemampuan ini, lowongan desain grafis paruh waktu juga banyak sekali.

4. Perias

Hobi dandan dan merasa 'peralatan tempur' Anda lebih dari cukup? Kenapa tidak mencoba menjadi perias atau istilah bekennya make-up artist? Tak perlu pendidikan kecantikan yang mumpuni. Saat ini, banyak perias yang belajar secara otodidak dari pengalaman.

5. Toko online

Maraknya media sosial membuka peluang bisnis yang sebelumnya tak pernah terpikirkan. Kalau belum punya modal, Anda bisa mulai sebagaireseller dulu. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com