Advertorial

Mau Liburan Bersama Rombongan? Pastikan Dulu 4 Hal ini!

Kompas.com - 18/04/2017, 08:00 WIB

Mempersiapkan liburan untuk diri sendiri tentunya lebih mudah dibanding jika harus mempersiapkan liburan dengan orang lain. Saat berlibur dengan orang lain, segala keputusan yang diambil harus sesuai dengan kebutuhan setiap orang yang turut serta.

Liburan rombongan yang tak dipersiapkan dengan baik bisa berujung pada ketidaknyamanan selama perjalanan, bahkan dampaknya bisa dirasakan hingga liburan berakhir. Untuk bisa membuat liburan rombongan berjalan bebas hambatan, sebaiknya ikuti tips berikut ini:

Sepakati destinasi wisata yang akan dikunjungi

Destinasi wisata adalah hal yang penting untuk disepakati di awal rencana perjalanan. Bagaimana tidak? Anda butuh destinasi wisata yang pasti untuk membeli tiket pesawat, juga memesan hotel untuk menginap.

Pertama, tentukan destinasi utama, misalnya saja Singapura. Jika kemudian terjadi pemilihan sub destinasi yang berbeda, seperti halnya Anda ingin pergi ke Universal Studios Singapore, sedangkan teman Anda ingin jalan-jalan di kawasan Chinatown, maka Anda dan teman bisa membuat kesepakatan baru. Tak masalah berpisah sementara daripada Anda membuang banyak waktu untuk berdebat atau membujuk teman beralih ke destinasi yang sama dengan Anda.

Selanjutnya, Anda bisa menentukan titik berkumpul setelah menjelajah destinasi masing-masing untuk kemudian dapat menikmati makan malam bersama dan menceritakan pengalaman masing-masing.

Bagi tugas pada setiap anggota rombongan

Salah satu keuntungan pergi berlibur dengan rombongan adalah Anda tak harus repot mengurus semuanya sendiri. Buat daftar hal apa saja yang harus disiapkan dan siapa yang bertanggungjawab atas hal tersebut, misalnya siapa yang harus memesan tiket pesawat, siapa yang memilih hotel, dan lain-lain.

Khusus tiket pesawat, Anda butuh memberikan perhatian lebih agar dapat menyiapkan diri menghadapi hal terburuk. Anda bisa terbantu dengan memilih tempat penjualan tiket pesawat yang memiliki  layanan menguntungkan bagi Anda. Easy Reschedule dari Traveloka misalnya, bisa menjadi penolong saat Anda berurusan dengan pengubahan jadwal terbang.

Easy Reschedule memungkinkan pengubahan jadwal terbang milik semua anggota rombongan atau hanya sebagian. Selain itu, Anda juga bisa mengubah salah satu jadwal terbang dari tiket pulang atau pergi yang telah dibeli sebelumnya alias ubah jadwal secara parsial. Pastinya, ketentuan pengubahan jadwal ini sangat bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai. Beberapa maskapai yang tidak mengizinkan Anda ubah jadwal secara parsial, di antaranya AirAsia, Garuda Indonesia, dan Lion Air.

Untuk mengubah jadwal penerbangan, Anda cukup login di situs resmi Traveloka atau menggunakan Traveloka App yang terpasang pada ponsel. Selanjutnya, pilih tiket penerbangan yang akan diubah dan ikuti instruksi selanjutnya. Dengan Easy Reschedule, Anda tak perlu repot lagi menelepon pihak maskapai atau datang ke kantornya hanya untuk mengubah jadwal penerbangan. Selain hemat waktu, Anda pun tak akan membuang banyak biaya dan tenaga.

Pastikan komunikasi lancar

Urusan kelancaran komunikasi tak boleh dipandang remeh jika ingin berlibur bersama rombongan, mulai dari persiapan hingga selama berlibur nantinya.

Saat masa persiapan, komunikasi yang lancar bisa memudahkan diskusi ketika tak bisa bertemu secara langsung. Selama liburan pun Anda tetap membutuhkan komunikasi yang lancar. Terutama jika Anda memiliki sub destinasi yang berbeda seperti yang sudah dibahas sebelumnya.

Untuk menjaga kelancaran komunikasi dengan seluruh anggota rombongan, pastikan Anda memiliki pulsa dan paket internet yang memadai.

Bergabung dengan rombongan tur lain

Cara termudah untuk melakukan liburan dengan rombongan adalah ikut tur yang ditawarkan oleh tempat wisata terkait atau kota destinasi liburan Anda. Hal ini sangat berguna bagi Anda dan teman yang kesulitan menentukan destinasi dan kegiatan apa saja yang sebaiknya dilakukan. Apalagi, jika Anda tak punya banyak waktu untuk berkumpul dan membicarakannya bersama.

Paket tur biasanya tersedia dalam berbagai variasi kegiatan dan durasi, silakan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dalam satu paket tur di kawasan Lombok misalnya, Anda bisa menikmati sejumlah kegiatan dalam sehari atau lebih, mulai dari berlayar, menyelam, hingga berkunjung ke desa budaya.

Pergi berlibur bersama rombongan bisa menciptakan kesan dan pengalaman yang menarik, selama dipersiapkan dengan baik dan maksimal. Jangan lupa, abadikan momen liburan seru Anda dan teman agar bisa dikenang nantinya, ya!

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com