Advertorial

Berada di Tingkat Ketiga, Indonesia Terbukti Negara yang Optimis di Asia Pasifik

Kompas.com - 21/04/2017, 09:25 WIB

Siapa bilang negara yang maju akan memiliki masyarakat dengan kepuasan yang tinggi. Berdasarkan hasil survei Mastercard terkait Indeks Kesejahteraan, negara berkembang seperti India, Filipina, dan Indonesia menunjukkan tingkat ketahanan dan kepuasan lebih tinggi disbanding negara-negara maju.

Hasil tersebut diperoleh setelah Mastecard melakukan survei pada 9.123 responden di Asia Pasifik. Responden ditanya mengenai pandangan mereka soal prospek ekonomi, sosial, dan keuangan di masa mendatang.

Mereka juga diberi pertanyaan dari aspek pekerjaan dan keuangan, keamanan dari ancaman, kepuasan pribadi dan pekerjaan serta kesejahteraan pribadi.

"Skor indeks kesejahteraan di India mencapai 75. Skor ini menunjukkan satu-satunya negara yang sudah mencapai tingkat sangat optimistis dalam sejarah rangkaian survei ini," kata Senior Vice President Communications Asia Pasifik Mastercard George Tan.

Sementara itu, negara maju seperti Jepang dan Korea justru menduduki posisi terendah dalam indeks kesejahteraan secara keseluruhan. Hal tersebut disebabkan oleh para responden di negara maju merasa kesejahteraan pribadinya terganggu akibat tekanan dalam keluarga, pekerjaan, keuangan, dan kesehatan.

Mereka juga merasa tertekan dikarenakan tingginya kebiasaan lembur yang makin membudaya. Selain itu, mereka juga merasa terganggu dan khawatir dengan tingginya risiko kejahatan keuangan dan perbankan yang makin berkembang.

Sebaliknya, hal tersebut malah tidak dikhawatirkan oleh para responden di India, Filipina, dan Indonesia. Terbukti kan bahwa masyarakat di Asia Pasifik merupakan masyarat paling optimis. (Adv) 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com