Advertorial

Untuk Sukses, Pastikan 6 Jenis Orang Ini Ada Dalam Lingkaran Anda

Kompas.com - 24/04/2017, 15:56 WIB

Pengusaha sukses, seperti Bill Gates, Marc Zuckelberg, atau Nadiem Makarim, memiliki banyak orang-orang hebat di sekelilingnya. Tanpa orang-orang tersebut, mungkin mereka tak akan pernah sampai di titik sukses saat ini.

Kalau Anda ingin mengikuti jejak mereka, Anda harus dikelilingi oleh 6 jenis orang ini:

Pendorong atau booster

Seperti namanya, ini adalah orang yang memberikan nasihat saat perjalanan karier atau bisnis tak sesuai prediksi. Orang ini yang akan membuatmu tetap bertahan pada bisnis yang sedang kamu bangun.

Booster bisa siapa saja, seperti teman dekat, saudara atau orang yang berarti di hidup Anda. Menemukannya, sama besarnya dengan membangun bisnis.

Hakim

Jenis orang ini mampu memutuskan mana hal penting dengan rinci. Tipe hakim akan memberimu pandangan dari sisi yang berbeda. Dalam hidup, setidaknya kamu perlu beberapa orang seperti ini.

Penasihat

Seseorang yang bisa kamu hubungi kapan pun. Ia juga bisa memberi masukan atau keputusan dengan cepat. Sering kali, penasihat adalah orang yang lebih senior di bisnis yang kamu tekuni sehingga bisa membuat keputusan tepat.

Namun, sering kali nasihatnya adalah sesuatu yang tidak ingin kamu pikir dan lakukan. Itulah kenapa ia ada dan penting bagimu. Ia bisa memberi pandangan yang berbeda.

Rekan bisnis atau mitra

Sosok ini bisa melengkapi dan menutupi kekuranganmu. Sering kali mitra menjadi co-founder, seseorang yang tahu betul bagaimana perusahaan dan bisnis itu berjalan, dan bersama-sama saling menyokong dan menutupi kekurangan. Karena itu, menemukan mitra yang tepat adalah pekerjaan yang sangat sulit.

Kolaborator

Tiap pengusaha dalam hidupnya punya seseorang yang bisa membuat dirinya bangga dengan ide bisnisnya, atau hanya mendengarkan saja. Secara cepat, ia akan membuat penilaian. Tipe orang ini adalah seseorang yang akan membantu Anda untuk dapat menjelajahi berbagai hal yang baru.

Incentivizer

Mirip dengan booster, namun pendekatannya berbeda. Tipe orang ini akan bilang bahwa Anda tak mampu menjalankan bisnis, bahkan menyebut Anda tak cukup pintar. Namun dari kata-katanya tersebut akan membakar semangatmu untuk membuktikan bahwa ia salah. Orang jenis ini akan selalu berusaha menghasut.

Itulah 6 tipe orang yang akan mengantar Anda menuju kesuksesan. Sudah menemukannya?

BCA Senantiasa di Sisi Anda

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com