Advertorial

103 Starter Kelas R25 Community B Berpacu di Sirkuit Sentul

Kompas.com - 28/04/2017, 17:08 WIB

Yamaha Sunday Race 2017 seri 1 sukses digelar Minggu (23/4/2016) lalu. Ternyata, pada ajang memacu kuda besi yang diadakan oleh Yamaha kali ini mendapatkan minat yang tinggi oleh komunitas Yamaha R25.

Tercatat sebanyak 103 starter ikut serta dalam pertarungan di kelas R25 Community B. Kelas R25 Community B ini adalah kelas yang diperuntukkan untuk rekan-rekan komunitas yang memang belum pernah balapan resmi sebelumnya, baik skala regional ataupun nasional bersaing untuk menjadi yang tercepat.

Memang, seperti yang dijelaskan oleh General Manager After Sales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing M Abidin, Yamaha Sunday Race adalah ajang mengasah skill riding dan menikmati berkendara di Sirkuit sentul untuk menyalurkan hobi balapan.

“Bagi rider profesional, ajang ini untuk meriset motornya, sedang bagi komunitas untuk sensasi balapan  yang memacu adrenalin, “ujarnya saat memberikan kata sambutan.

Patut dipahami pula, bahwa total 103 peserta yang terlibat di kelas R 25 Community B diambil 36 starter saja, namun selebihnya tetap bisa merasakan sensasi memacu kuda besi di sirkuit sentul. Mereka dipertarungkan dalam dua grup yang berbeda sebagai sebuah ekshibisi.

Meskipun hanya menyalurkan hobi balapan, banyak dari peserta R 25 Community B yang bermain di torehan 1 menit 54 detik hingga 1 menit 56 detik. Best time-nya berhasil dicetak oleh Andika Derinayu (DKI Jakarta) dari Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI) dengan ukiran waktu 1 menit 54,880 detik. Andika pun sukses merebut podium ke-3.

Kemeriahan Yamaha Sunday Race 2017 ini juga dibuktikan dengan hadirnya ribuan orang dari komunitas V-Ixion dan R15. Berbagai acara-acara menarik juga turut memeriahkan seperti Safety Riding & Competition, Tes Ride All New R15 VVA, Yamaha Riding Analyzer, Gymkhana Competition, Modification Contest, Photo Contest, hiburan musik, dan berbagai acara lainnya.

Pembalap nasional ikut ambil bagian

- -

Hal yang cukup menarik perhatian dari Yamaha Sunday Race 2017 kali ini adalah ikut sertanya para pembalap nasional yang masih aktif ataupun mantan rider.

Seperti Dicky Ersa dari Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin NGK DID Bahtera Racing yang finis di urutan ke-8 pada kelas Sport 150 cc (Rider Profesional) sekaligus menjadi mencatat waktu terbaik. Petarung balap di era tahun 2000-an, Sandy Agung (SND Factory FDR) juga ikut berjibaku di kelas R25 Community Pro.

Mereka mengaku akan kembali bertarung dalam putaran ke-2 Yamaha Sunday Race yang akan digelar pada tanggal 15-16 Juli 2017.

Pada sisi lain, duet pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Galang Hendra Pratama dan Rey Ratukore ikut bersaing dalam kategori Sport 250 cc (Professional Rider). Galang mengusung tim YRI, sedang Rey dengan tim pribadinya, Yamaha Rey Racing Speed (RRS).

“Keikutsertaan tim Yamaha Racing Indonesia untuk menguji coba riset terbaru kita. Misal saat ini sehubungan mapping pengapian yang diuji Galang. Galang memang menggunakan motor spek (spesifikasi) Asia Road Race (AP250), yang secara teknis di bawah aturan Yamaha Sunday Race,“ jelas  Manager tim Yamaha Racing Indonesia (YRI) Wahyu Rusmayadi.

Rey Ratukore pada saja ini juga dapat merebut podium juara. sedang urutan runner-up diraih Rafid Topan (Yamaha Yamalube IRC KYT Syafina) dan Willy Hammer (Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin DID NGK Bahtera Racing).

Catatan penting dari kompetisi Sport 250 cc (Professional Rider), bahwa saat sesi pemanasan, Rey dapat mengukir waktu 1 menit 43,5 detik. Ini merupakan sejarah setelah adanya perubahan regulasi Sunday Race yang dibuat sama dengan Kejurnas IRS 2017.

Sedangkan untuk race day-nya, Rey menorehkan 1 menit 44,208 detik, namun memang berjalan sendiri karena memang meninggalkan lawan sekitar 150-200 meter. Maksudnya tidak ada teknik slip-streaming atau mengurangi hambatan angin dengan membuntuti lawan.

www.yamaharacingIndonesia.co.id

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com